by

Kompak Kampanye Bersama, Norsan dan Satono Tawarkan Program Kolaboratif Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat Sambas

SAMBAS, Media Kalbar

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan-Krisantus bersama Calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas nomor urut 2, Satono-Heroaldi tawarkan program kolaboratif untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Hal ini, disampaikan kedua paslon saat kampanye bersama di kediaman salah satu tokoh masyarakat, Syarif di Desa Sengawang, Kecamatan Teluk Keramat, yang dihadiri ribuan masyarakat.

Program kolaboratif tersebut diantaranya di bidang infrastruktur, kesehatan dan peningkatan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan dan penambahan modal untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Cagub Kalbar, Ria Norsan menerangkan, program-program tersebut akan mudah diimplementasikan jika dia dan Satono terpilih sebagai kepala daerah di Pilkada mendatang.

Menurut Norsan, komunikasi antara pihak pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten yang akan mereka pimpin, bakal lebih intens lantaran paslon ini berangkat dari kekuatan politik yang sama.

“Kami diusung dengan parpol yang sama. PDI-P dan Hanura linier. Dan secara hiraerki ini nanti akan bersama-sama,” ujarnya.

Norsan memaparkan, sejumlah program yang dapat disinergikan diantaranya pembangunan infrastruktur jalan, bantuan modal untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta program kesehatan gratis.

“Program Pak Satono di kabupaten, insyaallah nanti saya akan back up di provinsi,” ujarnya.

Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023 itu mengatakan, untuk infrastruktur jalan sendiri bakal dikebut melalui program Cabup Satono yang berpasangan dengan Heroaldi.

Sementara itu, Cabup Satono mengatakan pemerintahan yang baik adalah pemerintah yang bisa mensinkronisasi program pemerintah kabupaten dan provinsi.

“Ketika pemerintah kabupaten dan provinsi searah, saya yakin masyarakat akan makmur dan sejahtera. Otomatis laju pertumbuhan ekonomi pun akan meroket,” jelasnya.

SKEMA SINKRONISASI PROGRAM:

Cabup Satono, memiliki program kesehatan gratis yang disebut Prosesar. Nantinya program ini bakal disandingkan dengan program kesehatan dan BPJS gratis bagi warga yang diinisiasi oleh Norsan dan Krisantus.

Program kesehatan BPJS gratis Norsan-Krisantus tersebut memiliki skema urunan, yang menggabungkan penganggaran dari pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi.

Program selanjutnya adalah pemberdayaan UMKM oleh Cabup Satono yang akan membuat kelompok-kelompok UMKM di desa-desa.

Program tersebut akan disinkronkan dengan program penyaluran modal tanpa agunan dan bunga untuk UMKM yang telah disiapkan oleh Norsan-Krisantus. Program ini nantinya berdampak pada peningkatan jumlah lapangan pekerjaan.

Kemudian, program berikutnya adalah pemerataan infrastruktur jalan. Program tersebut sama-sama menjadi salah satu prioritas Cagub Norsan dan Cawagub Krisantus dan Cabup Satono bersama Cawabup Heroaldi.

Peningkatan infrastruktur, sangat dibutuhkan untuk membuka akses mobilisasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Norsan memastikan akan bersinergi dengan Satono dalam alokasi anggaran pembangunan jalan. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed