by

Kunjungan Keasdepan Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan di PTPN I Regional 3

Jawa Tengah, Media Kalbar

Pada tanggal 2 – 4 Mei 2024, Keasdepan Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan beserta tim melakukan kunjungan kerja ke PTPN I Regional 3 yang bertempat di Jawa Tengah antara lain Kampoeng Kopi Banaran, Kebun Batujamus Afdeling Polokarto, dan PG Mojo.
Kunjungan tersebut bermaksud untuk melakukan pemantauan, analisis, evaluasi dan pelaporan di PTPN I Regional 3 pada bidang rencana jangka panjang perusahaan, rencana kerja dan anggaran, kinerja tahunan dan triwulanan yang dikendalikan oleh BUMN baik secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan dimulai dengan kunjungan di Latar Kota kemudian dilanjutkan ke Kampoeng Kopi Banaran Bawen, Jawa Tengah.

Tim Keasdepan dan Region Head PTPN I Regional 3 juga melakukan kunjungan kerja dan diskusi ke Industri Kayu Perhutani PMU, Brumbung Mranggen yang disambut oleh Direktur Operasi Perum Perhutani.

Kemudian kunjungan kerja dilanjutkan ke Kebun Batujamus Afdeling Polokarto, Karangnyar, Jawa Tengah yang rencananya akan dibangun Embung WMS (Water Management System) dari dana PMN untuk memeratakan air bersih serta dapat menghemat penggunaan air karena alasan kelangkaan sumber daya air dan meningkatnya kebutuhan akan sistem pengelolaan yang berkelanjutan.

Setelah itu Keasdepan Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan beserta tim meninjau Pabrik Gula (PG) Mojo yang terletak di Desa Mojo Kabupaten Sragen. Pabrik Gula (PG) Mojo di Sragen menjadi salah satu pabrik gula tertua di Indonesia. PG Mojo menjadi satu dari tiga PG di Solo yang masih bertahan dan beroperasi. Aris Toharisman selaku Direktur Utama PT SGN menjelaskan water treatment dan manajemen air yang diyakini dapat mengembangkan usaha tebu sehingga menciptakan harga gula yang wajar.

Kunjungan berakhir di PTPN I Regional 4 yang bertempat di Kebun Arum/Wedi, Kabupaten Sleman. Tim Keasdepan serta Region Head PTPN I Regional 3 berkesempatan meninjau langsung Pabrik Tembakau yang didampingi oleh Mahmudi selaku Direktur Produksi Pengembangan PTPN III (Persero). (Bis/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed