by

Lapas Pontianak Laksanakan Skrining TBC, HIV AIDS Dan Kesehatan Jiwa Bagi WBP

Kubu Raya, Media Kalbar

Lapas Kelas II Pontianak melaksanakan skrening TB, TBC, HIV/AIDS dan Kesehatan jiwa untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kegiatan ini dibuka oleh Kadivpas Kanwil Kemenkumham Kalbar Ika Susanti dan akan berlansung hingga hari Kamis (14/9).

Kadivpas Menyampaikan ini langkah tepat dalam mendeteksi dini Kesehatan warga binaan, namun lebih tepat lagi adalah edukasi kesehatan.

Kalapas Kelas II Pontianak, Julianto menerangkan bahwa kegiatan scrining TB, TBC, HIV/Aids serta kesehatan jiwa dalam rangka mendeteksi dini pencegahan penyebaran penyakit menular tersebut.

“Kita ketahui bahwa TB dan penyakit yang ada akan kita lakukan skrining hari ini yang rawan di Lapas termasuk resiko tinggi di Lapas dan Rutan, maka kita lakukan scrining secara massal, sesuai petunjuk arahan dari Ditjenpas.” Ungkap Julianto, Senin (11/9).

Dijelaskan bahwa warga binaan ada 1.093 orang akan diskrining semua dan ini atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya yang pelaksananya Puskesmas Sungai Raya.

“Jika dari skrining ditemukan, maka akan ditentukan kebijakan perlakuan atau tindak lanjutnya.” Ujarnya.

Disampaikan juga bahwa Lapas Kelas II Pontianak terus berbenah lingkungan agar senantiasa bersih dan sehat. Disamping itu sudah ada klinik pratama di  Lapas Kelas II Pontianak yang menjadi rujukan se Kalbar. “Ini juga kita terus benahi prasarana dan sarananya.” Ucapnya. (Amad)