by

LDII Kalbar Komitmen Bantu Ciptakan Situasi Kondusif

Pontianak, Media Kalbar

Ketua DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalbar, Susanto berkomitmen secara personal maupun institusional siap membantu menciptakan situasi yang kondusif bukan hanya saat pelaksanaan Pilkada melainkan selama republik Indonesia berdiri.
“Kami di LDII selain ditanamkan kesalehan pribadi juga ditekankan menjadi pribadi yang kesalehan sosial yakni mampu hidup rukun, kompak dan kerjasama yang baik. Artinya menciptakan kondusifitas telah menjadi komitmen kami, bukan hanya saat jelang Pilkada, tetapi setiap saat,” ujarnya ketika menghadiri Pembinaan Ormas yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalbar di salah satu hotel Pontianak, Selasa (23/7/2024).

Semua narasumber yang hadir baik dari Polda, BIN Daerah Kalbar, dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM mengajak agar ormas berperan dalam merawat kedamaian pada pelaksanaan Pilkada Serentak November 2024 mendatang. “Ajakan seluruh pemateri yang berasal dari lembaga negara itu patut didukung, sehingga pelaksanaan Pilkada dijamin aman dan damai serta berintegritas,” jelas dia.

Setiap tahapan pemilu diakui bisa berpotensi menimbulkan konflik yang akan mengganggu stabilitas.
“Sinergisitas TNI/Polri dan penyelengara pemilu yang didukung semua stakeholder selama ini mampu menunjukkan pemilu yang aman dan damai. Namun hal ini tidak boleh membuat kita lengah melainkan terus meningkatkan kewaspadaan,” ujar Susanto.

Ditambahkannya dia, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, LDII mendorong seluruh warganya untuk berpartisipasi sejak pendataan pemilih sampai pada pemungutan suara. “LDII secara jelas dalam agenda Politik atau Pilkada mengambil sikap Netral Aktif. Secara kelembagaan LDII netral dan menjatuhkan dukungan ke salah satu calon, tetapi mewajibkan warganya menggunakan hak politiknya,” tegas dia.

Dalam pembinaan Ormas yang dilaksanakan Bakesbangpol Kalbar ini diikuti puluhan ormas tingkat provinsi serta utusan dari Kesbangpol Kabupaten/kota se Kalimantan Barat.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Bakesbangpol Kalbar, Manto Saidi, Kabag Ops Binda Kalbar, Kol. Cpl Suwadi, Kasubdit Binmas Polda Kalbar dan Kabid Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkum HAM Kalbar. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed