by

Norsan Komitmen Dukung Ponpes dan Pemberdayaan Santri untuk Kontribusi Pembangunan

Kubu Raya, Media Kalbar

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalimantan Barat, H. Ria Norsan menegaskan komitmennya untuk mendukung pendidikan di pesantren dan pemberdayaan santri guna menopang pembangunan di Kalbar.

Hal ini, disampaikan Norsan saat menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Nurul Jadid di Jalan Raya Kumpai, Desa Ambangah, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Selasa (22/10/2024).

Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2 ini menjelaskan, pemberdayaan santri dan pendidikan berbasis pesantren ini menjadi salah satu pilar untuk membentuk karakteristik bangsa. Hal ini sejalan dengan visi misinya bersama Cawagub Krisantus.

“Ada program untuk keagamaan yang merupakan visi misi kami juga. Salah satunya adalah membentuk masyarakat yang agamis, cerdas dan berakhlak,” ujarnya.

Dia menyatakan, pemerintah harus merangkul kekuatan pesantren dan bersinergi dengan tokoh-tokoh agama guna melahirkan generasi emas dari pondok pesantren.

“Secara teknis, dari pondok pesantren kita mulai, kita bikin kegiatan yang dinaungi oleh Kesra di pemerintahan. Bertujuan untuk bersinergi dengan ponpes yang ada di Kalbar,” paparnya.

Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023 itu menambahkan, sinergitas pemerintah dan pesantren ini memastikan pendidikan keagamaan berkembang pesat sehingga melahirkan santri yang siap berkontribusi untuk daerah.

Di sisi lain, Norsan juga memastikan akan mendorong bantuan untuk pondok pesantren melalui bantuan sosial. Dia akan menyesuaikan peraturan yang ada yang bisa diterapkan di pesantren di Kalbar.

“Kita masih ada bansos. Cuma sekarang hanya boleh setiap dua tahun sekali. Tapi nanti kita akan tinjau aturan itu. Sehingga kita bisa memberikan setiap tahun, misalnya tahun ini bantu pondok, tahun depan masjidnya. Dengan demikian pengembangan pesantren pun terencana,” tandasnya.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Jadid, Muhid Kholil mengapresiasi kedatangan Ria Norsan di ponpesnya. Norsan disambut hangat pengurus Ponpes dan santri.

“Terima kasih telah menyempatkan diri untuk datang ke Ponpes ini. Semoga keberkahan berlimpah untuk Pak Norsan,” katanya.

Dia turut mendoakan agar Norsan dan Krisantus dimudahkan niatnya dalam kompetisi Pilkada ini. Menurutnya Kalbar butuh sosok pemimpin yang dapat membawa pembaharuan di segala bidang.

“Mudah-mudahan ada pembaharuan dalam perhatian ke Ponpes dan bidang-bidang lain. Insyaallah diijabah Allah,” singkatnya. (*/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed