by

Pada Akhirnya Semua Orang Tahu Ria Norsan Menjadi Calon Gubernur Kalbar, Ini Cerita Masa Kecilnya

PONTIANAK, Media Kalbar

Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 2 yang diusung PDI Perjuangan, PPP dan Hanura, Ria Norsan, punya kisah masa kecil yang penuh inspiratif.

Sebagai seorang anak TNI, Ria Norsan yang dibesarkan di Mempawah Kalbar sudah dididik orangtuanya agar bisa hidup mandiri.

“Saya sejak kecil selalu berpikir bagaimana bisa meringankan beban kedua orangtua. Apalagi ibu memang mendidik agar kami anak-anaknya bisa hidup mandiri,” ujar Ria Norsan kepada awak media, Selasa (1/10)

Karena itu lah, ketika duduk di bangku SDN 5 Mempawah Hilir dan SMPN 2 Mempawah Hilir, Ria Norsan selalu bersemangat membantu sang ibu untuk berjualan es lilin dan goreng pisang.

“Saat rekan-rekan sekolah istirahat untuk bermain, saya jarang ikut (bermain). Saya jualan es lilin,” ujarnya seraya tersenyum mengenang masa lalunya.

Sepulang sekolah, setelah istirahat dan mengulangi pelajaran dari guru di barak asrama Kodim 1201 Mempawah yang menjadi tempat tinggalnya, Ria Norsan lanjut menjual es lilin dan goreng pisang.

“Saat itu saya tak hanya berjualan sendiri, tapi dibantu adik saya Ria Mulyadi. Alhamdulillah, hasil dari jualan kemudian ditabung untuk membeli buku dan keperluan sekolah lainnya,” ujar Wakil Gubenur Kalbar periode 2018-2023 ini.

Berkat didikan orangtua, Ria Norsan dan adiknya Ria Mulyadi pelan-pelan bisa hidup mandiri. Hidup berhemat dan menabung membuatnya menjadi figur yang sukses hingga saat ini.

Berkat didikan orangtua pula, Ria Norsan dan saudara-saudarinya tumbuh menjadi sosok muslim-muslimah yang taat. Rajin mengaji, shalat tepat waktu, berpuasa Senin-Kamis hingga Shalat Dhuha dan Tahajud yang tak pernah ditinggalkan hingga saat ini.

Dan karena terbiasa hidup apa adanya, Ria Norsan dikenal sebagai pengusaha yang selalu peduli dengan orang lain, khususnya masyarakat kecil.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang dermawan, selalu menghargai orang lain, ringan tangan, dan punya empati yang begitu besar terhadap siapapun.

Pelan tapi pasti, Ria Norsan pun berhasil menempuh pendidikan setinggi-tingginya sampai meraih gelar pasca sarjana.

Setelah sempat menjadi seorang ASN di Kantor Gubernur Kalbar, jiwa wiraswasta yang begitu melekat di dirinya, membuat Ria Norsan kemudian mengundurkan diri sebagai pegawai negeri sipil.

Berlatarbelakang pendidikan STM, Ria Norsan terjun ke dunia usaha dan menjadi pengusaha konstruksi.

Dan hasil tidak pernah mengkhianati kerja keras. Pelan-pelan Ria Norsan mengukuhkan dirinya selaku pengusaha sukses dan dipercaya menjadi Ketua Gapensi Kalimantan Barat.

Ia kemudian kembali ke kota ia dibesarkan, yakni Mempawah (saat itu masih Kabupaten Pontianak) untuk tampil pada Pilkada.

Berkat dukungan masyarakat yang begitu besar, Ria Norsan sukses menjadi Bupati Mempawah dua periode, yakni 2009-2014 dan 2014-2018.

Di akhir masa jabatan selaku Bupati Mempawah, Ria Norsan maju di Pilgub Kalbar 2017 dan kemudian duduk sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2018-2023.

Nah, saat ini dengan tekad untuk memajukan Kalbar dengan semangat baru, Ria Norsan didampingi Krisantus Kurniawan diusung PDI Perjuangan, PPP dan Hanura resmi maju sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar di Pilkada 2024. (Sankris/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed