by

Pangkogabwilhan III Tinjau Langsung Hameyo Papua

Homeyo, Papua, Media Kalbar

Pasca penindakan oleh Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA terhadap aksi brutal Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Homeyo, yang saat itu menimbulkan korban masyarakat sipil tak berdosa dan membuat masyarakat takut, serta banyak masyarakat pergi mengungsi, akhirnya masyarakat secara bertahap kembali ke kampung halamannya lagi.

Selanjutnya, pasca pengungsian yang berakhir pada tanggal 18 Mei 2024, situasi aman dan kondusif telah berangsur terwujud di wilayah Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya. Warga setempat telah kembali beraktivitas secara normal dengan penjagaan keamanan oleh Aparat Keamanan (Apkam) Gabungan. Termasuk dalam Apkam tersebut adalah para Prajurit TNI dalam Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) Kodim Persiapan Intan Jaya yang berada di bawah KOOPS HABEMA.

Keberadaan Prajurit TNI di Homeyo, disamping menjaga keamanan, dalam setiap kesempatan berusaha membantu kesulitan masyarakat setempat. Bantuan terhadap masyarakat Homeyo difokuskan dalam pelayanan dasar kebutuhan hidup. Dalam rangka memastikan kelancaran pelaksanaan tugas tersebut, maka pada hari Rabu, 12 Juni 2024, Panglima KOGABWILHAN III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, berkesempatan meninjau langsung situasi Homeyo.

Dengan didampingi beberapa Pejabat TNI beserta para Pegawai dan Tokoh-tokoh Distrik Homeyo, Pangkogabwilhan III berkesempatan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) secara inklusif dengan seluruh tokoh Homeyo yang berlangsung di Gereja GKI Pogapa. Selain itu, Pangkogabwilhan III juga menyempatkan diri secara langsung melaksanakan ROSITA (Borong Hasil Tani) dengan membeli habis hasil tani warga Kampung Pogapa. Hasil ROSITA ini selanjutnya dibawa ke Timika guna peningkatan komoditas hasil bumi serta perekonomian masyarakat Homeyo.

Selain itu, Pangkogabwilhan III juga melaksanakan Bakti Sosial (BAKSOS) dengan membagikan barang-barang Sembako, antara lain berupa beras, gula, mie, minyak goreng, dan barang-barang lainnya. Pada kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan III juga berkesempatan menyerahkan secara langsung kepada masyarakat Homeyo berupa bantuan Power System untuk penerangan Gereja GKI Pogapa, meliputi solar cell, accu dan lampu listrik.

Pasca penerimaan seluruh bantuan, masyarakat Homeyo yang diwakili oleh para Pegawai dan Tokoh-tokoh Distrik Homeyo, menyampaikan antusiasme dan ucapan terima kasihnya kepada Pangkogabwilhan III dengan cara serentak mengucapkan, “Terima kasih, HABEMA Berhasil.”

“Situasi aman Distrik Homeyo telah memberikan semangat bagi para warga untuk beraktivitas sehari-hari guna mendukung Program Pemerintah Republik Indonesia dalam Percepatan Pembangunan di wilayah Papua,” ucap Panglima KOGABWILHAN III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, pasca kegiatan kunjungan. (*/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed