by

Partai Demokrat Buka Pendaftaran Calon Bupati Dan Wakil Bupati Ketapang, Yang Mana Diikuti Ketua AJK Theo Bernadhi

Ketapang, Mediakalbarnews.com

Theo Bernadhi beserta rekan diterima langsung oleh panitia, Sekretaris DPC Partai Demokrat Ketapang Dodi Kurniawan dan Bendahara Partai Rio Sardi serta Dedi Irawan selaku Kepala Badan BAKOMSTRA (Badan Komunikasi Strategis).

Theo mengatakan, kedatangan dirinya untuk menyampaikan niat baiknya dan berharap niat baik tersebut dapat disambut baik pula oleh Partai Demokrat.

“Semuanya tentu berproses dan pastilah Partai Demokrat ada aturan internal dan saya sangat memahami itu,” tutur Theo pada hari Kamis, (04/03/24).

Menjawab pertanyaan wartawan, Theo yang juga Ketua AJK (Aliansi Jurnalis Ketapang ini mengatakan, kehadirannya langsung dalam mengambil formulir pendaftaran tersebut sebagai bukti keseriusan dirinya mengikuti konstestasi Pilkada 2024 mendatang.

Menurutnya, Pilkada Ketapang seharusnya tidak hanya dihiasi dan dimainkan para elit politik saja, namun kaum muda juga dapat berikhtiar terjun langsung dan berkontribusi untuk daerah melalui Pilkada.

Untuk itu Theo mengajak pemuda Ketapang tidak takut untuk bermimpi dan mewujudkan mimpi menjadi pemimpin, salah satunya ikut konstestasi Pilkada Ketapang, guna mewujudkan cita-cita tersebut Theo akan melakukan loby – loby politik, dimana menurutnya modal dasar yang dimiliki sebagai orang yang berprofesi wartawan telah melahirkan hubungan dan sejumlah jaringan dengan para pihak.

“Bicara loby-loby politik, kita akan melakukan lewat jaringan-jaringan, dan alhamdulillah selama 11 tahun bekerja di media, saya mempunyai jaringan politik dan semua itu akan saya ikhtiarkan,” aku Theo.

“Saya juga mengapresiasi Partai Demokrat yang membuka pendaftaran bakal calon, karena ini sebagai transfaransi dan upaya partai membuka ruang kepada masyarakat secara umum mengingat semua pihak mempunyai hak yang sama”

“Sehingga nantinya Partai Demokrat pada tanggal 27 hingga 29 Agustus bisa menyeleksi, siapa yang mendapatkan atau memenuhi syarat resmi untuk didaftarkan ke KPU Ketapang,” ungkap Theo.

“Bicara Pemuda Ketapang, kita tidak mau Pilkada Ketapang sebatas menciptakan ruang-ruang negosiasi dan sebatas mendapat rekomendasi bagaimana menang dan kalah”

“Namun kita ingin Kontestasi Pilkada ini dapat menghadirkan kaum muda yang mempunyai gagasan demi melahirkan perbaikan dan masyarakat sejahtera yang lebih maju,” imbuh Theo.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Demokrat Ketapang Dodi Kurniawan pada kesempatan itu mengatakan menyambut baik atas pengambilan formulir pendaftaran secara langsung oleh Bacalon Theo Bernadhi.
Sesuai catatan yang ada kata Dodi, pengambilan formulir pendaftaran saat ini (oleh Theo Bernadhi) adalah yang ke 9 (sembilan), terdiri dari 5 Bacalon Bupati dan 4 Bakal Calon Wakil Bupati Ketapang.
“Mereka yang mengambil Formulir sebagai Calon Bupati pertama Pak Farhan, Pak Junaidi, SP, Thomas Alexander Haji Matroji dan Pak Febriadi. Sedangkan sebagai calon Wakil Bupati diantaranya Pak Suprapto, Leonardus Rantan dan Theo Bernadhi,” terang Dodi.

Saat ditanyai mengenai tanggapan DPC Demokrat Ketapang dengan adanya satu-satunya figur muda yang mengambil formulir Balon lewat partai Demokrat, Dodi mengaku mengapresiasi hal tersebut.
“Hari ini istimewa menurut kami, karena baru Bang Theo yang langsung datang mengambil formulir,” akunya.

“Tentu ini istimewa selain langsung datang, beliau ini juga mewakili anak muda dan Demokrat sebagai partai yang ketua umum kami anak muda, tentu berharap partisipasi anak-anak muda seperti ini yang diharapkan,” sambung Dodi.

Dodi menambahkan, setelah pengembalian formulir selesai, pihaknya akan menyampaikan berkas pendaftaran para bakal calon yang telah mendaftar ke Partai Demokrat.
“Kami DPC sifatnya hanya menjaring saja, kewenangan yang memutuskan di DPP,” terangnya.

Bendahara DPC Demokrat Ketapang, Rion Sardi mengatakan kalau proses pengambilan formulir masih dibuka pihaknya sampai tanggal 5 April 2024.
Diakuinya kalau sejauh ini, berbagai latar belakang telah mengambil formulir pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang. Mulai dari politisi hingga jalur profesi.

“Termasuk unsur pemuda sekaligus jurnalis dan mantan aktivis, tentu ini membuat warna baru di Pilkada Ketapang,” tuturnya.
Rion mengaku Partai Demokrat akan selektif dalam menentukan keputusan dukungan pasangan calon dan tentu kewenangan dalam memberikan rekomendasi ada di DPP Demokrat.

Seperti diketahui, DPC Partai Demokrat Ketapang Kalimantan Barat telah membuka pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada serentak tahun 2024.
Sesuai penjadwalan, pengambilan formulir pendaftaran sejak tanggal 27 Maret sampai 5 April 2024. Sedang pengembalian berkas dimulai tanggal 15 sampai 20 April 2024.*##(Rusli)