by

Pelepasan Peserta Didik Kelas VI dan Purna Bakti dua Guru di SDN 5 Sungai Kakap berlansung sukses

Kubu Raya, Media Kalbar

Orang Tua Siswa dan Keluarga Besar SD Negeri 5 Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya provinsi kalimantan barat Sukses menggelar acara pelepasan peserta didik kelas VI tahun pelajaran 2023-2024.
Acara ini berlangsung meriah di ruang kelas sekolah SDN 5 dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala sekolah SD Negeri 5 Sungai Kakap Ketua Komite Sekolah,Kepala Dusun Beringin Desa Kalimas,para orang tua siswa, keluarga besar SDN 5, serta para siswa.

Selain pelepasan siswa, acara ini juga menjadi momen penting bagi sekolah karena Bapak Nyoman Sularda S A g. dan Ibu Juniah S P d. resmi memasuki masa purna bakti. Di samping itu, Ibu Ketut Sukasih S A g. dan Ibu Husniatul Humaidah S Pd. akan menempati tempat tugas baru, meninggalkan kenangan manis selama bertugas di SDN 5 Sungai Kakap.

Dalam sambutannya, Zulkifli, Kepala Sekolah SDN 5, mengungkapkan rasa terima kasih dan bangganya terhadap prestasi siswa-siswi kelas VI serta dedikasi yang ditunjukkan oleh para guru yang akan memasuki masa purna bakti maupun yang akan bertugas di tempat baru katanya,”Ini kata Zulkifli, Kepala Sekolah SDN 5,adalah momen yang sangat berarti bagi kita semua, “katanya

Kepada siswa-siswi kelas VI, saya ucapkan selamat atas kelulusan kalian dan teruslah berprestasi di jenjang pendidikan berikutnya, “Harapnya

Untuk Bapak Nyoman Sularda dan Ibu Juniah, terima kasih kata Zulkifli,
atas pengabdian selama ini. Semoga masa purna bakti membawa kebahagiaan dan kesehatan.”Dan untuk Ibu Ketut Sikasih serta Ibu Husniatul Humaidah, kata Zulkifli semoga sukses di tempat tugas yang baru,” dalam sambutannya.

Kepala Dusun Beringin Desa Kalimas Muhali yang turut hadir dalam acara tersebut juga memberikan sambutan yang penuh harapan dan motivasi bagi para siswa dan guru SD Negeri 5.

Kami kata Muhali kepala Dusun beringin desa kalimas selaku perwakilan orangtua siswa sangat bangga dengan pencapaian siswa-siswi SD Neger5 Sungai Kakap. Semoga mereka terus semangat dalam mengejar cita-cita. Dan kepada para guru yang akan berpindah tugas, semoga selalu diberikan kelancaran dan sukses di tempat yang baru,”katanya

Acara pelepasan ini berlangsung dengan penuh khidmat dan haru serta Isak Tangis Orangtua Guru dan siswa menunjukkan kedekatan emosional antara guru, siswa, dan orang tua

Zulkifli S. Pd, Kepala Sekolah SD Negeri 5, Usai Kegiatan Kepada awak media ia menyampaikan bahwa dari dua puluh siswa yang mengikuti ujian Asesmen Sumatif ahir jenjang 2024, seluruhnya dinyatakan lulus 100%. “Harapannya, mereka semua dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Zulkifli juga menyampaikan apresiasinya kepada para guru yang telah memasuki masa purna bakti . “Bapak Nyoman dan Ibu Jumlah telah mengabdi selama bertahun-tahun di SD Negeri 5 Sungai Kakap dengan dedikasi tinggi, sementara Ibu Ketut dan Ibu Husniatul akan melanjutkan tugas mulia mereka di tempat baru. Kami berharap mereka tetap sukses dan sehat,” tuturnya.

Acara ini terlaksana dengan lancar berkat dukungan penuh dari komite sekolah dan partisipasi aktif dari orang tua siswa. “Semoga ke depan,acara seperti ini terus dapat dilakukan dengan lebih baik lagi,”tandanya.

Kepala Dusun Beringin Desa Kalimas, Muhali,mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan pihak sekolah yang telah membimbing dan mendidik anak-anak mereka. “Kami berharap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi masa depan anak-anak kami,” katanya.

“Sementara itu Yoman Sularda S. Ag, seorang pendidik yang telah mengabdikan diri selama 29 tahun, resmi memasuki masa purna bakti. Kepada awak media, Yoman mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya selama bertugas.

Yoman memulai karirnya sebagai guru pada tahun 1993 di Paret Wak Lijah, sebuah daerah yang saat itu sangat membutuhkan tenaga pengajar agama Hindu. Pada tahun 2013, ia dipindahkan ke SD Negeri 5 Sungai Kakap. “Saya mengajar di SD Negeri 5 Sungai Kakap sejak tahun 2013. Saya merasa sangat diterima oleh masyarakat di sini,” ujar Yoman.

Mengajar selama hampir tiga dekade memberikan banyak kenangan manis bagi Yoman. Salah satu momen yang paling berkesan adalah saat para siswa dan rekan-rekannya memberikan kejutan ulang tahun dengan nasi tumpeng. “Momen ini sangat luar biasa, saya merasa dihargai dan diberi kejutan yang tidak akan pernah saya lupakan,” kenangnya.

Sebagai tanda terima kasih atas pengabdiannya, Yoman berinisiatif membuat taman di sekolah. “Ini sebagai ucapan terima kasih saya karena SD Negeri 5 Sungai Kakap adalah tempat saya bekerja dan mencari nafkah untuk keluarga,” jelasnya.

Yoman yang akan resmi pensiun pada 15 Februari 2024, berencana kembali ke kampung halamannya di Sukadana, Kayong. “Meskipun saya lahir di Bali, namun saya besar di Kayong. Saya akan melanjutkan hidup saya di sana, mungkin dengan bercocok tanam sawit,” tambah Yoman.

Di akhir wawancara, Yoman memberikan pesan kepada pihak sekolah. “Saya berharap SD Negeri 5 Sungai Kakap terus meningkatkan kualitasnya. Meskipun saat ini sudah cukup lengkap, namun masih ada ruang untuk peningkatan agar sekolah ini semakin maju di masa mendatang,” tutupnya.

Steven Marcello Lovis Yu, salah satu siswa yang ni nyatakan telah lulus ia mengaku sangat senang dan banga bersekolah di SD Neger 5 dan dia akan melanjutkan kesekolah SMP dan setelah lulus SMP akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi untuk mencapai cita citanya.

acara ini ditandai dengan berbagai penampilan seni dari siswa-siswi kelas VI serta pemberian cenderamata kepada guru yang memasuki masa purna bakti dan yang akan bertugas di tempat baru.

Selamat purna bakti, Yoman Sularda S. Ag. Terima kasih atas dedikasi dan pengabdianmu selama ini. Semoga selalu sukses dalam menjalani masa pensiun.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed