by

Pemerintah Desa Pal 9 Gelar Rembuk Stunting

Kubu Raya, Media Kalbar

Pemerintah Desa Pal 9, Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya ,menggelar kegiatan Rambut Stantin yang berlangsung di Ruang Balai Pertemuan Desa Pal 9 pada hari Jumat (11/7/2024).

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting seperti Kepala Desa Pal 9, Kepala Puskesmas Pal 9,Pendamping Desa, Bhabinbin Kamtibmas,Babinsa Pal 9, ibu-ibu kader Posyandu,serta ibu-ibu dari PKK desa.Kegiatan ini bertujuan untuk membahas isu Starting,yang menjadi fokus utama dalam diskusi tersebut.

Marhasan,Kepala Desa Pal 9,dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu kesehatan yang penting bagi kesejahteraan bersama.”Ujarnya.

Sementara Kepala Puskesmas Desa Pal 9, Yulianti, SKM, menyampaikan kepada awak media terkait hasil toap kemarin mengenai penimbangan balita per RT. Dalam penimbangan tersebut ditemukan sebanyak 2.631 anak balita yang ditimbang, dan dari jumlah tersebut terdapat 98 anak dengan kondisi stunting.

“Kami berharap dari rembuk stunting ini dapat direncanakan pemberian Makanan Pendamping ASI (PMT) khusus untuk anak-anak yang mengalami stunting,” ujar Yulianti. Beliau juga memberikan saran kepada kader-kader posyandu agar lebih aktif mengajak para ibu, khususnya di wilayah Desa Pal 9, untuk rutin menimbang balita dan datang ke posyandu.

Lebih lanjut, Yulianti menegaskan pentingnya pencegahan stunting yang harus dimulai sejak remaja putri, persiapan ibu hamil, dan balita. “Alhamdulillah, tadi ada respon positif dari kader terkait distribusi tablet tambah darah untuk remaja putri. Mereka akan membantu memberikan tablet darah di posyandu bagi remaja putri, baik yang putus sekolah maupun yang masih bersekolah. Insya Allah, pihak puskesmas akan turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan tablet tambah darah,” tambahnya.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan angka stunting di Desa Pal 9 dapat berkurang secara signifikan dan meningkatkan kesehatan anak-anak balita di masa depan.”harapnya

Chandra Hermawan, Sekretaris Pelaksana Panitia Rembuk Stunting Desa Pal 9, menjelaskan bahwa kegiatan rembuk stunting yang diadakan di desa tersebut berjalan dengan lancar. Acara ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pal 9 dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menurunkan angka stunting di Desa Pal 9. “Alhamdulillah, kami telah mendata sebanyak 2.300 balita di desa ini dan menemukan bahwa terdapat 106 anak yang mengalami stunting,” ujar Chandra Hermawan.

Sebagai langkah pencegahan, Chandra berharap agar ibu-ibu dari PKK dan kader Posyandu terus mensosialisasikan pentingnya mengecek kesehatan balita secara rutin dan memberikan vaksin kepada anak-anak mereka. “Dengan upaya bersama ini, kami berharap angka stunting dapat ditekan dan kesehatan anak-anak di Desa Pal 9 semakin baik,” tambahnya.

Acara rembuk stunting ini merupakan bagian dari upaya pemerintah desa dan Puskesmas Pal 9 untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan preventif terhadap stunting, demi menciptakan generasi yang sehat dan kuat.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed