by

Penandatanganan SPKS Swakelola Program Peningkatan PSU Provinsi Kalbar Tahun 2024, PJ Sekda: Harus Benar-benar Perhatikan Kualitas Hasil Pekerjaan

Pontianak, Media Kalbar

Terobosan baru dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, melalui Dinas Perkim Provinsi Kalbar melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama (SPKS) Swakelola Tipe IV tahun anggaran 2024 dengan Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang diperuntukkan untuk peningkatan prasarana, sarana dan Utilitas Umum. Kegiatan di buka oleh PJ. Sekda Kalbar Muhammad Bari, Selasa (30/1).

Saat memberikan sambutan Pj. Sekda Kalbar mengingat agar pelaksanaan Swakelola, pekerjaan harus dijaga, “ini perlu ke hati-hatian karena pelaksanaan pekerjaan akan diperiksa,  maka kualitas hasil pekerjaan harus diperhatikan. ” Ungkap M. Bari.

Ia juga menyampaikan bahwa langkah ini sudah sesuai aturan yang ada, jadi diharapkan betul-betul dikerjakan yang mana pekerjaan dilaksanakan secara Swakelola oleh Kelompok masyarakat (Pokmas). “Ini juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi Masyarakat dan kelancaran transportasi masyarakat di daerah Pedesaan. ” Harapnya.

Kepala Dinas Perkim Provinsi Kalbar, Yosafat Triadhi Andjioe Saat menyampaikan laporan menerangkan bahwa peningkatan PSU pemukiman dengan Swakelola untuk kelompok masyarakat ditingkat desa, dimana pekerjaan dilaksanakan dengan padat karya ditingkat Desa. Pekerjaan tersebut adalah jalan Rabat beton dan drainase.

“Tujuannya adalah peningkatan PSU dilingkungan pemukiman, diharapkan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dalam hal pengentasan kemiskinan ekstrem. ” Ungkapnya.

Untuk saat ini yang menandatangani SPKS Swakelola ada 2 Kabupaten yaitu Kubu Raya dan Mempawah, ada 54 Pokmas dan masa kerja 45 kerja.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes Provinsi Kalbar Hendra Bahtiar menyambut baik hal tersebut yang bisa mempercepat pembangunan daerah pedesaan.

Sementara juga Dana Desa juga ada Swakelola dimana setiap proyek pekerjaan 50 % untuk upah pekerja yang tidak lain warga desa. Dengan ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan ditingkat desa.

Penandatanganan SPKS Swakelola Tipe IV dilakukan oleh Kabid Peningkatan Pemukiman, Jimmy dengan Kelompok Masyarakat disaksikan oleh Pj Sekda Kalbar,  Kadis Perkim dan Kadis PM Pemdes. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed