by

Penutupan MTQ ke-13 di Desa Punggur Kecil, Camat: “Kader Qurani Harus Muncul dari Desa”

Kubu Raya, Media Kalbar

Ribuan warga dari berbagai daerah dari desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap memadati Paret Rahmat, RT 49 RW 16, Dusun Cempaka Putih Sabtu malam, 11 Oktober 2024, untuk menyaksikan penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Desa Punggur Kecil yang ke-13.

Acara berlangsung meriah dengan kehadiran Camat Sungai Kakap, Junaidi, S.Sos, yang secara resmi menutup acara MTQ tersebut. Kepala Desa Punggur Kecil, Adi Kusumajaya, juga hadir bersama perangkat desa, Babinsa, dewan hakim, dewan juri, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat.

Acara dimulai dengan sambutan dari Adi Kusumajaya. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan panitia yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini. “Kegiatan ini menjadi bukti semangat kita dalam mencintai Al-Quran,” ujarnya.

Camat Junaidi, S.Sos, dalam sambutannya ia menyampaikan harapannya agar MTQ ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran. “Kegiatan ini patut dicontoh oleh desa lain, sehingga muncul kader-kader Qurani yang dapat mengangkat nama Kecamatan Sungai Kakap,” tegasnya.
Setelah sambutan, penonton dihibur dengan penampilan tari-tarian dan Tundang yang ditampilkan oleh siswa-siswi dari MAN 1 Piliar Kubu Raya. Puncak acara ditandai dengan pembagian piala dan uang pembinaan kepada para pemenang.

Acara diakhiri dengan penurunan bendera MTQ oleh siswa-siswi SMA Satu Sungai Kakap dan penyerahan piala bergilir dari Kepala Desa kepada Kepala Dusun.

Usai acara,Junaidi kepada awak media mengatakan, “Alhamdulillah, kegiatan penutupan MTQ ke-13 ini berjalan dengan luar biasa. Semangat yang terlihat harus menjadi motivasi bagi desa-desa lain.” Ia menambahkan bahwa Kecamatan Sungai Kakap memiliki tradisi kuat dalam pembinaan kaderisasi yang dimulai dari level desa.”Tandanya.

Sementara itu, Kepala Desa Punggur Kecil, Adi Kusumajaya, mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-13 yang telah berlangsung selama tujuh hari tujuh malam. Acara ini diikuti oleh hampir 300 peserta dari enam dusun di Desa Punggur Kecil.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Kami berkomitmen untuk melanjutkan MTQ ini setiap tahun,” kata Adi Kusumajaya. Ia menambahkan bahwa tahun depan, MTQ akan dilaksanakan di Dusun Mawar, dan peserta terbaik akan dipilih untuk mewakili Desa Punggur Kecil dalam ajang MTQ tingkat kecamatan yang diadakan di Desa Punggur Besar.

Adi juga mengungkapkan bagi para pemenang di berikan piala, piagam, dan uang pembinaan. “Kami berharap kegiatan ini dapat terus memupuk kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran dan melahirkan qori-qori unggul yang dapat mengangkat nama desa dan kecamatan,” tuturnya.

Dengan semangat dan dukungan dari seluruh masyarakat, Desa Punggur Kecil berharap MTQ di tahun-tahun mendatang akan semakin meriah dan berkualitas. (Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed