by

Peresmian Pabrik Greemi-G di PT RPN-Pusat Penelitian Karet Unit Riset Sungei Putih

Deli Serdang, Media Kalbar

Dalam upaya meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya distribusi, PT RPN-Pusat Penelitian Karet (PPK) yang merupakan anak usaha Holding Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) meresmikan. pabrik Greemi-G di Unit Riset Sungei Putih (PPK_URSP), Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Greemi-G yang selama ini diproduksi di PT RPN-Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Unit Bogor (PPKS_UB) kini bisa diproduksi lebih dekat dengan konsumen di wilayah Sumatera Utara, sehingga diharapkan dapat menekan biaya transportasi yang selama ini cukup tinggi.

Acara peresmian yang digelar pada 18 Oktober 2024 ini dihadiri oleh berbagai pejabat dari Pusat Penelitian Karet dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit, hadir saat itu Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Winarna beserta jajaran; Kepala Pusat Penelitian Karet, Suroso Rahutomo beserta jajaran serta Kepala Divisi Produksi Direktorat RIS PT RPN, Heri SantosO.

Kepala Pusat Penelitian Karet dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam mewujudkan pembangunan pabrik ini. la menekankan bahwa keberadaan pabrik Greemi-G di Unit Riset Sungei Putih diharapkan menjadi sumber pendapatan baru bagi unit tersebut, mengingat Unit Riset Sungei Putih sebelumnya telah memiliki pengalaman memproduksi produk serupa dengan fasilitas dan SDM yang memadai.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit menegaskan pentingnya menjaga kualitas produk Greemi-G yang dihasilkan di PPK_URSP agar setara dengan produk yang diproduksi di PPKS_UB. Untuk itu, ia berharap seluruh tim di URSP dapat menerapkan SOP yang telah disusun untuk memastikan kualitas yang konsisten.

Greemi-G merupakan biofungisida yang terbukti dapat mengendalikan beberapa jenis penyakit tanaman pertanian yang menular melalui tanah, khususnya Ganoderma pada tanaman sawit. Greemi-G sangat aman untuk digunakan dan ramah lingkungan, dengan kandungan 4 jenis mikroba Trichoderma yang berperan aktif sebagai agen antagonis untuk menjaga kebun sawit anda tetap aman dari serangan Ganoderma. Berbagai manfaat tersebut menjadikan Greemi-G Unggul dan diminati.

Rangkaian kegiatan peresmian berlangsung lancar berkat kolaborasi erat antara tim produksi PPKS dan tenaga kerja URSP. Acara dimulai dengan sambutan dari Kapus PPK dan Kapus PPKS, dilanjutkan dengan prosesi pemotongan nasi tumpeng dan pita sebagai simbol dimulainya produksi Greemi-G di URSP. Acara kemudian diakhiri dengan doa bersama dan pemberian santunan kepada 25 anak yatim dari desa-desa sekitar kantor URSP.

Pembangunan pabrik Greemi-G ini diharapkan dapat memperkuat posisi PPK_URSP sebagai salah satu unit yang strategis dan berkontribusi terhadap peningkatan kinerja. perusahaan secara keseluruhan. (*/bis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed