by

Perkuat “Physical Fitness” Dosen Penjas UPGRI Pontianak Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat Di Kapuas Hulu

Pontianak, Media Kalbar

Dosen Pendidikan Jasmani menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi guru PJOK di Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu, dengan mengangkat tema “Coaching Clinic Kebugaran Jasmani Bagi Guru PJOK”.

Pengabdian Masyarakat dilaksanakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Jasmani (Prodi Penjas) Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dengan dipimpin Rio Wardhani (Dosen Prodi Penjas) beserta tim Iskandar (Dosen Prodi Penjas), Stephani Yane (Dosen Prodi Penjas), Heri Rustanto (Dosen Prodi Penjas), Awang Roni Effendi (Dosen Prodi Penjas), dan Yenni Rizal (Dosen Prodi BK) serta Egi Andika Syahputra dan Abang Khendi Wardana (Mahasiswa Prodi Penjas).

Tim PkM pada tanggal 26-28 September 2024 memberikan pengukuran kebugaran jasmani siswa dengan mengukur indeks massa tubuh, fleksibiltas, daya tahan otot, keseimbangan dan kelincahan, daya tahan kardiovaskular. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka (luring) di gedung sekretariat PC-PGRI Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu.

Ketua tim PkM Rio Wardhani, dalam sambutan mengatakan selain menjalan Tri Darma Perguruan Tinggi, pengabdian kepada masyarakat memiliki peran dalam meningkatkan sumber daya manusia dan wadah untuk para akademisi dan praktisi dalam berbagi pengetahuan dan wawasan.

“Sebanyak 13 peserta yang mengikuti kegiatan ini, dimana dari ke 13 tersebut adalah guru PJOK SMP dan SMA di kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu”. Ungkap Rio Wardhani.

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, tim PkM berkoordinasi dengan Ketua Pengurus PGRI Kecamatan Hulu Gurung Bapak Suriyanto untuk mempermudah komunikasi serta memberikan informasi kepada guru PJOK SMP dan SMA setempat.

Kegiatan ini merupakan kegiatan coaching clinic dengan memberikan bagaimana cara mengukur kebugaran jasmani siswa, dengan harapan guru PJOK di Kabupaten. setempat memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar serta dapat mengimplementasikan pada kebugaran jasmani siswa.

Adapun tim PkM turut melibatkan Dr. Yenni Rizal, M.Pd (Dosen Prodi BK) sebagai pemateri kegiatan coaching clinic ini. Dengan melalui PJOK dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena PJOK merupakan bagian integral dari seluruh. pendidikan yang pada dasarnya melibatkan aktivitas fisik berkontribusi pada kualitas mental, emosional atau fisik individu.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjawab kebutuhan mitra dan merespon dari guru PJOK SMP dan SMA setempat guna mengembangkan kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Ketua Pengurus PGRI Kecamatan Hulu Gurung, Suriyanto memberikan apresiasi kegiatan ini. “Alhamdulillah, segenap pengurus PGRI Kecamatan Hulu Gurung beserta guru PJOK SMP dan SMA mengucapkan terima kasih kepada pihak tim PkM Dosen Prodi Pendidikan Jasmani Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas PGRI Pontianak telah memberikan coaching clinic yang sangat bermanfaat bagi kami dan diharapkan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya yang mungkin juga bisa diberikan kepada guru PJOK khususnya KKG.” Katanya. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed