by

PJ Bupati Sanggau Rakortek Sub Urusan kebencanaan

SANGGAU, Media Kalbar

Penjabat (PJ) Bupati Sanggau, Suherman, SH, MH, membuka Rapat Koordinasi Teknis (RAKORTEK) Sub Urusan kebencanaan di Kabupaten Sanggau Tahun 2024 bertempat di Aula Sabang Merah Kantor Bupati Sanggau, Kabupaten Sanggau. Selasa (11/6/2024).

Pj. Bupati Sanggau, Suherman dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan rapat koordinasi teknis sub urusan kebencanaan yang dihadiri oleh berbagai komponen.

“Ini akan menjadi forum untuk membahas dan merumuskan kebijakan penanggulangan bencana yang lebih efektif dan efisien, adalah bukti, bahwa kita semua benar-benar berkomitmen dalam mengupayakan keselamatan rakyat dari ancaman bencana.” ujarnya.

Pada saat ini telah ada perubahan paradigma dalam penanganan bencana yang menyangkut tiga hal yaitu penanganan bencana tidak lagi berfokus pada aspek tanggap darurat tetapi lebih pada keseluruhan manajemen resiko.

“Perlindungan masyarakat dari ancaman bencana oleh pemerintah merupakan wujud pemenuhan hak asasi manusia dan bukan semata-mata karena kewajiban pemerintah, penanganan bencana bukan lagi hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi menjadi urusan bersama pemerintah, dunia usaha, media massa, kelompok sosial, komunitas dan professional,” ujarnya.

“Hal ini menjadi otomatisasi untuk upaya penanggulangan bencana multisektor agar menjadi lebih responsif dan adaptif dalam upaya mitigasi dan respon untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh terhadap bencana”, tambahnya.

Rapat Koordinasi Teknis ini menjadi sarana koordinasi antar perangkat daerah, para pemangku kepentingan multisektor di tingkat daerah dan sinkronisasi 6 keterpaduan program kerja daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Sanggau.” Pungkasnya.
(*/MJ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed