by

PPK Jangan Sambil Jadi Tim Sukses

Bengkayang, Media Kalbar

KPU Kabupaten Bengkayang melantik 85 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang terpilih di 17 Kecamatan se Kabupaten Bengkayang Kamis (16/5/2024)

Ketua KPU Kabupaten Bengkayang Heribertus, S.E dalam sambutannya menyampaikan Selamat bagi 85 orang anggota PPK yang telah dilantik hari ini yang jumlahnya 5 orang per kecamatan.

Dengan telah di lantiknya anggota PPK hari ini saya berharap agar bisa menjadi tim Solid pada pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang yang akan dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024 mendatang.

Perlu diingat bahwa rekan-rekan PPK yang dinyatakan lolos dan dilantik pada hari ini memiliki kelebihan tersendiri, jadi dari tim yang telah kami ramu ini bangunlah komunikasi yang baik, yang telah baik dilakukan pada pemilu Rabu 14 Februari 2024 lalu terus di tingkatkan dan tinggalkan yang tidak baik.

Bagi anggota PPK yang baru jangan lupa cepat beradaptasi dan jangan lupa berkomunikasi dengan yang sudah lama senior

Kita kerja berlandaskan hukum kepemiluan, ada paham maka pelajari aturan , baik UU, Keputusan, teknis dan dasar tata laksana kepemiluan.

Bagi PPK yang telah lolos ini, bila perlu harus memiliki kemampuan lebih dari kami dari KPU .

Mulai sekarang aktif dalam memahami aturan kepemiluan karena akan banyak bersinggungan dengan kepentingan dalam konteks politik, maka harus dipahami.

Nanti akan banyak tantangan,kesenangan godaan yang didapat karena penopang proses kepemiluan.

Saya tegaskan “Jangan Nyambil Jadi Tim Sukses”, ingat itu.
nanti akan banyak tersandung proses jika tidak komitmen dengan tugas sesuai aturan yang berlaku,” tegas Heribertus.

Yopi Cahyono,S.Hut Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) berharap anggota PPK jangan egois, harus saling bantu, kerjasama tim, dan kompak.

Tentunya perlu diketahui, anda terpilih menjadi PPK jangan sampai ada informasi yang diperoleh di kecualikan terhadap Komisioner KPU, harus proaktif dalam menyampaikan informasi.

Pemetaan dan titik koordinat di TPS juga harus ditetapkan dengan baik, jelas dan dapat di akses dengan mudah.

“Sebanyak 85 orang yang dilantik hari ini. Mereka bertugas untuk melaksanakan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bengkayang Tahun 2024,” terang Yopi-sapaan akrabnya.

Yopi Cahyono mantan anggota Bawaslu Kabupaten Bengkayang ini kembali menjelaskan, pada tanggal 23-29 April 2024 lalu pihaknya membuka penerimaan pendaftaran calon anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan, Red) melalui aplikasi SIAKBA atau (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc, Red).

Dikarenakan ada kecamatan yang jumlah pelamarnya kurang dari kebutuhan maka penerimaan pendaftaran calon anggota PPK di perpanjang dari tanggal 30 April sampai dengan 2 Mei 2024.

“Tanggal 14 Mei 2024, kami melakukan Rapat Pleno untuk menetapkan calon anggota PPK terpilih untuk 17 kecamatan dimana masing masing kecamatan sebanyak 5 orang,” jelasnya.

Dikatakan Yopi, pihaknya telah membuka tanggapan masyarakat terhadap calon anggota PPK Se Kabupaten Bengkayang sejak 4-10 Mei 2024 lalu.

Tahapan Wawancara Calon Anggota PPK Se Kabupaten Bengkayang berdasarkan hasil pleno KPU Kabupaten Bengkayang sejak tanggal 12-13 Mei 2024.

Eka Budiawan, selaku Kepala Sub Bagian Hukum dan SDM KPU Kabupaten Bengkayang menjelaskan, jumlah pelamar calon anggota PPK Se Kabupaten Bengkayang ialah sebanyak. 136 laki laki dan sebanyak 46 perempuan, total sebanyak. 182 orang pelamar.

“Sebanyak 164 orang yang mengikuti seleksi tertulis menggunakan metode CAT pada tanggal 6 s.d. 7 Mei 2024 di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Bengkayang. Sedangkan sebanyak 14 orang tidak mengikuti tes tertulis,” bebernya.
Ia mengutarakan, pada proses wawancara calon anggota PPK Se Kabupaten Bengkayang, sebanyak 152 orang yang mengikuti sedangkan sebanyak 6 orang tidak mengikuti.

Musa Jairani, selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu mengingatkan Jaga Integritas dan Netralitas.

Kurangi egoisme dan harus kompak, sebab ada pengalaman pada pemilu yang lalu, beberapa catatan dimana ada yang tidak peduli dengan teman sekerja.

Kunci sukses pemilu jaga netralitas dan integritas , dagi anggota PPK yang baru , selalu belajar dan belajar terus, tutupnya.

Mujidi Selaku Divisi Data dan Informasi, meminta Petugas PPK jangan susah dihubungi, harus cepat dan tanggap terhadap informasi yang disampaikan saat kami dari Komisioner KPU menghubungi dan minta informasi.

Bekerjalah atas dasar perintah undang-undang dan jangan bekerja atas dasar suka atau tidak suka, harus profesional, berintegritas dan loyalitas.

Adrito ,selaku Divisi Hukum dan Pengawasan, Adhoc PPK tidak ada divisi tapi Ketua merangkap anggota dan anggota.

“Silahkan dari yang telah terpilih 5 orang anggota PPK menentukan siapa yang akan menjadi Ketua, bekerjalah secara bersama kolektif dan kolegial. Bekerjalah atas asas dan Prinsip Pemilu,” tutupnya. (kur/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed