by

Sosialisasi Formulasi HPS Langkah Strategis PTPN IV untuk Akselerasi Investasi On Farm & Off Farm

Pontianak,  Media Kalbar

PTPN IV PalmCo selenggarakan kegiatan bertajuk “Sosialisasi & Pembahasan Formula Pethitungan Harga Terkait Pekerjaan Investasi, Tanaman Ulang (TU), Pabrik Kelapa Sawit (PKS) serta Infrastruktur” yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari 18 hingga 20 September 2024. Kegiatan yang diikuti oleh Tim HPS, Tim Pengadaan, dan Bagian Teknis di PTPN IV Regional V ini diadakan sebagai bagian dari inisiatif PTPN IV PalmCo Divisi HPS & Umum untuk memperkuat tata kelola pengadaan yang lebih efektif, efisien, dan akuntabel.

HPS merupakan komponen penting dalam proses pengadaan yang berfungsi sebagai acuan dalam menilai kewajaran harga barang dan jasa yang ditawarkan oleh penyedia. Namun, variasi dalam penyusunan HPS di berbagai Unit Kerja seringkali menimbulkan ketidaksesuaian yang berpotensi menghambat kelancaran proses pengadaan. Dengan diadakannya acara sosialisasi ini, diharapkan dapat menciptakan standar yang seragam dalam penyusunan formulasi HPS di seluruh Regional PTPN IV dengan tidak mengabaikan berbagai macam faktor dilapangan yang turut mempengaruhi pembentukan biaya.

Khayamuddin Panjaitan Region Head PTPN IV Regional V, menyampaikan bahwa Sosialisasi Formulasi Pembentuk HPS adalah langkah krusial dalam menentukan Unit Cost terbaik serta juga memperlancar proses pengadaan barang/jasa itu sendiri.. “Dengan adanya formulasi HPS yang akuntable, maka kita bisa menciptakan pengelolaan pengadaan yang lebih profesional dan terukur,” ujarnya.

Selain itu Khayamuddin Panjaitan Region Head PTPN IV Regional V juga. menambahkan bahwa sosialisasi ini akan memperkuat keyakinan terhadap Unit Cost yang terbentuk melalui standarisa si formulasi HPS yang telah ditetapkan bersama, sehingga semua Unit Kerja akan memiliki panduan yang sama dan proses pengadaan menjadi lebih terarah serta berpedoman pada prinsip transparansi, tutupnya. (*/bis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed