by

Sutarmidji Jawab Tantangan Evan Hobby Makan Masak Sambal Udang Serai Khas Mempawah

Pontianak, Media Kalbar

Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji menjawab tantangan YouTuber Hobby Makan untuk masak sambal udang serai khas Mempawah, Kalbar.

Sebelumnya, Sutarmidji mengunggah sebuah foto sambal udang serai khas Mempawah di Instagram pribadinya. Sutarmidji mengatakan bahwa menu tersebut adalah salah satu makanan kesukaannya ketika berkunjung ke Mempawah. Pemilik akun ‘Hobby Makan’ Evan pun memberikan komentar dalam foto tersebut, menantang dan mengajak Bang Midji masak bersama untuk membuktikan kelezatan dari menu tersebut.

Gayung bersambut, komentarnya pun direspon oleh Sutarmidji dan content creator ‘Hobby Makan’ yakni Evan dan Tiwi untuk masak bersama di kediamannya pada Senin (14/10/2024).

Sebelum memulai memasak, Sutarmidji dan Tim Hobby Makan sempat berdiskusi tentang kuliner dan pelaku UMKM di Kalbar, serta apa saja kuliner yang menarik di Indonesia maupun di Kalbar. Sebagaimana diketahui, Hobby Makan merupakan konten kreator makanan yang telah menjelajah kuliner berbagai macam di Indonesia.

Usai berbincang, Sutarmidji pun mengajak Evan dan Tiwi untuk memasak makanan kesukaannya, yakni udang serai makanan khas Mempawah yang sering disajikan di berbagai acara bahkan acara kawinan.

Sutarmidji mengatakan, awal ia mula mencicipi masakan tersebut saat berkunjung ke rumah kerabat istrinya di Mempawah. Sampai akhirnya udang serai itu menjadi makanan favoritnya.

Momen masak bersama itu sempat disiarkan secara live di akun facebook Hobby Makan. Dalam siaran tersebut, Sutarmidji tampak telaten memasak dan tidak canggung saat melakukan berbagai proses memasak, mulai dari menyiapkan bahan, memasukkan bumbu dan bahan utama kedalam wajan hingga penyajiannya.

Proses masak berlangsung kurang lebih satu jam. Dengan berbagai jenis bumbu dan bahan utama telah disiapkan. Dengan memasak 1 kg udang, diperlukan 40 batang serai ditambah dengan bumbu pelengkap seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, gula aren yang dihancurkan bersamaan.

Selain sambal udang serai khas Mempawah, Sutarmidji juga memasak nasi goreng ebi dengan taburan daging semur. (*/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed