by

Terkait Ekspor Rotan, PW GNPK-RI Kalbar Minta Semua Yang Terlibat Diusut Tuntas

Pontianak, Media Kalbar

Terkait adanya 8 kontainer rotan yang diduga akan diekspor ke Tiongkok yang disinyalir di Back-up oknum aparat, mendapat sorotan publik, salah satunya GNPK-RI Kalimantan Barat.

“PW GNPK RI Kalbar minta semua yang terlibat diusut tuntas, tida ada yang ditutup- tutupi.” Kata Ellysius Aidy Ketua PW GNPK-RI Provinsi Kalbar, Senin (19/8).

Menurut Aidy, ekspor rotan itu harus segera diungkap, diproses hukum dengan segera, sehingga tidak menjadi tanda tanya terus oleh masyarakat Kalbar. “Apa lagi kan barang yang dilarang ekspor.” Tegasnya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa penindakan 8 Container Rotan di Pelabuhan Dwikora Pontianak yang akan di Ekspor ke China oleh Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Barat dan KPPBC Pontianak, Kamis (15/8/2024). Dimana modus Eksportir nemberitahukan jenis barang dalam dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) secara tidak benar untuk menghindari pengenaan LARTAS (larangan ekspor komoditi rotan)

Kronologis Penindakan Tanggal 9 agustus 2024 eksportir CV. MAS mengajukan dokumen PEB dengan nomor pendaftaran 604215 dengan komoditi diberitahukan : coconut dengan negara tujuan china sebanyak 8×20’ dengan sarana pengangkut kapal Indo Sukses ‘50

Berdasarkan hasil analisis beberapa parameter, PEB tersebut menunjukkan beberapa anomali sehingga menimbulkan kecurigaan Tim Analis.

Dari hasil pengumpulan informasi dilapangan didapati dokumen PEB tersebut tidak dilakukan pengecekan karantina dimana atas komoditi coconut tersebut seharusnya dilakukan pengecekan karantina.

Atas hasil analisis dan informasi lapangan tersebut Kanwil DJBC Kalbagbar menerbitkan NHI nomor NHI-6/WBC.144/2024 tanggal 9 agustus 2024, dengan tujuan kepada kasi P2 KPPBC Pontianak.

NHI tersebut ditindaklanjuti dengan pemeriksaan jabatan (pemilik barang / kuasanya tidak datang sampai batas waktu yang telah ditentukan) pada hari kamis 15 agustus 2024 terhadap 8 kontainer pada PEB tersebut.

Dari hasil pemeriksaan didapati 8 kontainer semuanya berisi rotan dengan berbagai ukuran. saat ini proses pemeriksaan masih berlangsung untuk mendapatkan data jenis dan jumlah barang secara detail.

Hasil Penindakan, Rotan dengan ukuran panjang dan diameter yang bervariasi, Masih dilanjutkan proses pemeriksaan barang serta pendalaman informasi lanjutan untuk menentukan langkah-langkah berikutnya. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed