by

Tito Sambangi 3 PLBN di Kalbar

Kapuas Hulu, Media Kalbar

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Dr. Muhammad Tito Andrianto, melakukan kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, PLBN Nanga Badau, dan PLBN Entikong. Kunjungan ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut, dimulai pada 8 Juli 2024 dan berakhir pada 10 Juli 2024.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Dr. Muhammad Tito Andrianto disambut oleh masing-masing kepala unit pelaksana teknis (UPT) yang wilayah hukumnya berada pada setiap PLBN, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II TPI Sambas Andriyansah, Kakanim Kelas III TPI Putussibau Uray Aliandri, dan Kakanim Kelas II TPI Entikong Henry Simatupang.

Dalam kunjungan kerjanya, Kakanwil Kemenkumham Kalbar didampingi oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Azriyal Zam, Analis Keimigrasian Ahli Madya, Intji Diqa Pribadi, dan Kepala Sub Bidang Intelijen Keimigrasian, Benny Septiyadi.

Kedatangan rombongan ke PLBN Nanga Badau, Tito disambut langsung Camat Badau, Pane Pasogit, serta Kepala PLBN Nanga Badau, Teguh Priyadi. Pada kesempatan ini, Dr. Muhammad Tito Andrianto melakukan diskusi mendalam mengenai tantangan dan potensi di wilayah Nanga Badau bersama unsur instansi terkait.

Tito menjadikan kunjgan ini sebagai momen untuk berdiskusi dan sharing mengenai sinergitas dan kolaborasi antara Imigrasi dan para stakeholder yang bertugas di PLBN Nanga Badau.

Rangkaian kinjungan kerja kali ini diakhiri dengan menyambangi PLBN Entikong. Kakanwil meninjau fasilitas dan infrastruktur yang ada, serta berdialog dengan petugas perbatasan untuk mengetahui permasalahan yang sering dihadapi di lapangan.

Ditemui Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar, Tito menyampaikan bahwa tujuan utama dari kunjungan kerja ke tiga PLBN ini adalah untuk memantau langsung kondisi di lapangan, memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian berjalan dengan baik, serta memberikan arahan dan motivasi kepada para petugas di perbatasan. Kakanwil juga menekankan pentingnya kerjasama antarinstansi di wilayah perbatasan guna menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kunjungan ini memberikan gambaran nyata mengenai situasi di perbatasan Kalimantan Barat. Kita harus memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat di perbatasan berjalan optimal dan segala permasalahan dapat ditangani dengan cepat dan tepat,” ujarnya.

Kepada jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalbar, Tito mengintruksikan untuk mengevaluasi dan menyusunan laporan yang akan menjadi dasar pengambilan kebijakan lebih lanjut untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan di PLBN.

“Saya berharap agar semua pihak dapat terus bekerja sama demi kemajuan dan keamanan wilayah perbatasan Kalimantan Barat,” pungkasnya. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed