by

Tradisi Nggantingi: Selamatan Petik Kopi Tahun 2024 di Kebun Jollong PTPN I Regional 3

Kab. Pati, Media Kalbar

Dalam rangka meningkatkan pendapatan Wisata Agro Kebun Jollong PTPN I Regional 3 dan bertepatan dengan dimulainya Panen Kopi tahun 2024, telah menjadi agenda tahunan di Kebun Jollong dengan mengadakan acara Selamatan Wiwit Kopi ‘Gantingi dan bekerjasama dengan Pemda Pati (27/06/2024).

Rangkaian acara tersebut ditandai dengan memetik buah kopi oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, bersama Forkopimda didampingi Manager Kebun Balong- Jollong PTPN I Regional 3, Triyono.

Selanjutnya, dilakukan kirab gunungan hasil bumi sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan keselamatan segenap karyawan perkebunan dan warga set empat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi yang melimpah.

Gunungan berisi hasil bumi berupa sayur dan buah-buahan diarak dan diperebutkan oleh warga.

“Harapan kami pelaksanaan Panen dapat berjalan lancar dan karyawan yang bekerja diberikan keselamatan serta target produksi dapat terpenuhi. Selamatan wiwit kopi ini kami kemas menjadi event yang menarik berupa prosesi upacara adat Wiwit Panen Kopi yang akan dipromosikan melalui Media Sosial dan komunitas- komunitas di Kabupaten Pati, sehingga akan menarik para pengunjung untuk datang ke Wisata Agro Kebun Jollong.” tutur Bpk. Triyono. (Bis/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed