by

UNDIP Menggandeng PTPN I Regional 3 Dalam Program “Kemitraan Industri-Masyarakat Lokal-BUMDES Untuk Meningkatkan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa”

Kab. Semarang, Media Kalbar

– Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB UNDIP) melakukan kerjasama dengan PTPN I Regional 3 dalam penyelenggaraan kegiatan International Community Service yang bertempat di Kampoeng Kopi Banaran, Bawen, Jawa Tengah (6/7/2024).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari pertemuan tengah tahunan organisasi Asosiasi Pengelola Program Studi S2 Akuntansi Indonesia (APPSAI) dimana FEB UNDIP menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. Program ini menunjukkan adanya kolaborasi antara BUMN dengan masyarakat sekitar dalam bentuk mitra binaan dan pemberdayaan masyarakat lokal.

“Saya ucapkan terimakasih kepada PTPN I Regional 3 yang sudah memberikan fasilitas tempat untuk kegiatan ini sehingga kami dapat turut serta memberikan penyuluhan UMKM kepada mitra binaan PTPN dan BUMDes.” ujar Enny Susilowati Mardjono, Ph.D sebagai salah satu Narasumber dalam acara pembekalan
“Disisi lain kita sadar bahwa UMKM yang hadir disini maupun di seluruh Indonesia adalah salah satu kunci kekuatan kita ketika menghadapi krisis maka kontribusi UMKM disini sangat besar sekali.” lanjutnya.
Pada kesempatan lain, Didik Maryono selaku General Manager Kampoeng Kopi Banaran juga mengungkapkan terimakasih atas kerjasama program yang diselenggarakan FEB UNDIP dalam pembekalan UMKM untuk upskilling mitra binaan PTPN I Regional 3. Serta secara tidak langsung UNDIP juga mengenalkan wisata Kampoeng Kopi Banaran kepada civitas akademik dari beberapa perguruan tinggi diseluruh Indonesia.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan membawa efek sinergis berupa kolaborasi triple helix yaitu akademis, BUMN dan Masyarakat lokal. Kegiatan ini diharapkan berorientasi internasional dengan hadirnya peserta dari mancanegara yaitu mahasiswa asing yang sedang melakukan studi di UNDIP dan juga narasumber yang melibatkan pihak asing juga. (Bis/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed