by

10 Kelas Siswa-Siswi SDN 43 Sungai Kakap Mengikuti Pesantren Kilat

Kubu Raya, Media Kalbar

Sebanyak 10 Kelas Siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 43 sangat antusias mengikuti kegiatan Pesantren Kilat Ramadan 1444 Hijriyah yang digelar oleh dewan guru pada hari Kamis 13 April 2023 sampai dengan hari jum’at (14-April 2023)di halaman SD Negeri 43 Sungai Kakap.

Siswa yang mengikuti Pesantren Kilat ini terdiri dari siswa-siswi kelas 4 sampai dengan kelas 6 yang selama ini belajar di SD Negeri 43 Sungai Kakap.

Dangan tema yang diusung adalah “Melalui Kegiatan Pesantren Kilat Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Serta Keperdulian Antar Warga Sekolah dan Masyarakat”.

Pesantren Kilat Ramadhan ini dimulai pukul Empat sore sampai dengan pukul .6 sore WIB dengan diawali pembukaan.Kepala Sekolah SD Negeri 43 Subiayanto.S PD.M.M

Dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Pesantren Kilat Ramadan ini bertujuan untuk mengajak siswa meningkatkan ibadah,keimanan,dan ketakwaan di bulan penuh berkah ini.

Selain itu,Pesantren Ramadan juga mengajak siswa bisa mengambil hikmah bulan puasa dan memperbanyak amalan ibadah.

‚ÄúPesantren Kilat kali ini digelar di SD Negeri 43 Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap ini,sudah menjadi tradisi tahunan yang akan digelar setiap bulan puasa Ramadan.”ujarnya.

Ia menambahkan,agar selama Pesantren Kilat ini para siswa mengikuti berbagai kegiatan yang menarik dan menyenangkan, serta bernilai ibadah yang disampaikan oleh narasumber.

Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan di SD Negeri 43 diisi oleh pendakwah lokal,yaitu Syakirin.S.pd.i yang juga selaku komite sekolah SD Negeri 43,dengan memaparkan pentingnya membaca dan menghapal Al Qur’an dan hapalan bacaan juzz am ma.”Katanya.

Dari pantauan awak media anak-anak yang mengikuti pesantren kilat interaktif dalam komunikasi dengan penyampai materi.Mereka juga diajak membaca sholawat bersama-sama.

Usai mengikuti kegiatan pesantren kilat Subiayanto.S PD.M.M kepala sekolah SD Negeri 43 kepada awak media dia mengatakan.pelaksanaan pesantren kilat kami sudah memang programkan di seluruh sekolah yang pernah kami tempat tugas.

Dan hati ini kami sekarang di tugaskan di SD Negeri 43 Sungai Kakap ya kami lanjutkan program dan program saya setiap sekolah itu melaksanakan pesantren kilat di SD Negeri 43 di laksanakan Dua kali.

Hari pertama yaitu materinya adalah materi sejarah Islam kemudian yang hari ke Dua yaitu khusus tadarusan nah jadi dari kelas Empat sampai kelas 6 tadarusan Alhamdulillah dan di tutup pada hari ini berbuka puasa bersama ini dengan secara massal.

Jadi dari anak-Anak yang sudah baca Al Qur’an dan tadarusan itu hatam maka kita hatamkan bersama sama dalam pelaksanaan kegiatan penutupan pesantren kilat di SD Negeri 43 ini.

Harapan saya anak-anak ini nanti mempunyai kenangan setelah mempunyai kenangan nanti di waktu dia meninggalkan SD Negri 43 dan apalagi nanti dia sudah dewasa nah ini pasti dia punya kenangan bahwa dulu waktu kecil saat saya di SD sudah pernah di adakan hatam masall bersama kawan-kawan di SDN 43 itu harapan saya.

Jadi yang terahir ke inginan saya pribadi jadi anak -anak itu menjadi anak-anak yang berguna bagi bangsa dan Negara dan bisa melanjutkan ajaran Agama Islam dengan meneruskan membaca Al Qur’an secara terus menerus”Harapnya.

Alham Dulillah untuk pesantren kilat ini ada 10 kelas dari kelas 4 kelas 5 dan 6 ada 10 kelas sedangkan yang hatam untuk sore ini itu sekitar 40 anak 40 siswa anak itu yang hatam kemudian kami juga mensinyalir beberapa anak yang memang sudah pernah hatam Dua kali.

Nah Alham dulillah mudah mudahan ini menjadi mutipasi bagi ade-adek nanti yang selanjutnya tahun depan bisa melanjutkan mudah-mudahan bisa hatam perkelas,”Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan pesantren kilat tersebut,Kepala Sekolah SD Negeri 43 Dua mantan kepala sekolah SD Negeri 43 Andi badarudin.S.pd, Abdurrahman.S.pd mantan kepala sekolah SDN 43 dan ketua komite Syakirin.S.pd.i beserta dewan guru.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed