by

Akibat Hujan dan Banjir Bandang Sejumlah Pasilitas Umum di kecamatan Sungai Kakap Terendam Air dan Rusak

Kubu Raya, Media Kalbar

Akibat Hujan deras dan banjir bandang selama sepekan terahir ini di kecamatan Sungai kakap kabupaten Kubu Raya. mengakibat sejumlah pasilitas umum banyak yang teredam air.

“Salah satunya Jalan Poros Desa Kalimas penghubung desa Punggur Kapuas dan aksek jalan Desa Punggur Kapuas dan juga halaman sekolah tempat ibadah serta rumah warga ada terendam air

Kepala Desa Punggur Kapuas Anwar saat di temui sejumlah wartawan pada hari Rabu (10 Nopember 2021) ia mengatakan penyebab terjadinya banjir di karnakan hujan deras dan banjir bandang.

“yang pasti cuaca dan keadaan ini lah ya yang membanjir yang berikutnya karena tanggul kita ini semakin hari semakin rendah untuk itu kita berharap instansi terkait untuk segera merenovasi atau memperbaiki tanggul yang ada karena tanggul kita memang sangat rendah”Katanya.

“Akibat banjir yang menimpa melewati tanggul ini yang kita khawatir kan akan adanya tanggul jebol karena sudah ada beberapa titik yang kita pantau itu ada tanggul yang sudah mulai menipis di jalannya.

“Jadi kita harapkan ke depannya itu instansi yang terkait seperti PU terutama PU Provinsi lebih memperhatikan tanggul tanggul kita yang ada ,untuk mempercepat pembangunan nya karena memang tanggul yang sudah ada ini dari tahun 80 an itu di bangun sampai sekarang belum ada lagi perhapan”Terangnya.

“Yang pasti amat berpengaruh karena dengan tanaman padi yang banjir terus kurtikultura kita sayur kita apabila sudah tergenang banjir maka otomatis hasil warga akan berkurang akan hilang sekali hasil nya karena sayur sayur pasti mati padi akan sakit pastinya kan

terus kelapa pun buah buah kita agak berkurang hasilnya.
Ini banjir terjadi semenjak sepekan terakhir ini banjir sudah mulai melanda di punggur kapuas.,”Ujarnya.

“Lebih lanjut dia mencontohkan sedangkan Turap yang berlokasi di RT.01 Rw.02 Dusun Betutu raya jalan Poros Desa yang baru saja selesai di bangun tahun anggaran 2021 sudah mengalami penggeseran dan ada sebagian yang Jebol akibat Lauapan air apa lagi bangunan yang sudah di makan usia.”Tandasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed