by

Anita Darwis Dorong Warga Menggali Potensi Pangan Lokal

Bengkayang, Media Kalbar – Ketua Penggerak PKK Kabupaten Bengkayang Anita Darwis hadiri kegiatan pelatihan menjahit dalam pemberdayaan perempuan, di Kantor Desa Bangun Sari Kecamatan Teriak Kamis (9/12/2021).

Acara ini dihadiri Kepala Desa Bangun Sari bersama perangkat desa, BPD Desa Bangun Sari, Camat Teriak dan beberapa pengurus PKK Kabupaten Bengkayang.

Camat Teriak Yosep menyambut baik kehadiran Ibu Anita Darwis selaku Ketua TP PKK Kabupaten Bengkayang.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menggerak roda ekonomi masyarakat desa Bangunsari, dan tentunya dengan adanya keterampilan dipastikan dapat menopang hasil rumah tangga,” ucap Yosep.

Anita Darwis dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perempuan perlu memiliki keterampilan menjahit, hal ini tentunya untuk menambah penghasilan keluarga.

Keterampilan menjahit mudah dilakukan dan cukup dirumah saja,

Hari ini juga kami lakukan Pelatihan Pengolahan Produk Pangan Lokal Untuk Mendukung Pemenuhan Gizi Masyarakat dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19 dan Stunting,” terang Anita.

Tujuan kegiatan dilakukan kegiatan ini guna mengembangkan Olahan Produk Lokal hasil Pertanian desa Bangunsari,” Ucap Anita

Pokja III TP PKK kabupaten melaksanakan program kerja dengan mengadakan pembinaan pengolahan produk Pangan lokal untuk mendukung Pemenuhan Gizi masyarakat dalam rangka pencegahan penularan covid 19 dan stunting di desa bangun sari kecamatan teriak .

Kegiatan pembinaan dilaksanakan pada hari kamis tanggal 9 Desember 2021 dibuka oleh ketua TPPKK kabupaten Bengkayang Anita Darwis dilanjutkan dengan kegiatan praktek pengolahan yang dipandu oleh narasumber dari Pokja III TPPKK kabupaten .

Peserta terdiri dari ibu-ibu Rumah tangga yang merupakan perwakilan dari kelompok wanita tani dan anggota PKK desa Bangun sari kecamatan teriak.

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber dalam kegiatan pengolahan produk berbasis pangan lokal adalah pengolahan ubi kayu menjadi dua produk yaitu rengginang ubi, sambal sereyong ( serai keyong emas ) dikemas dalam kemasan botol dan snack sawut ubi toping sereyong ( serai keyong emas )
Ubi kayu merupakan pangan lokal yang banyak terdapat di kecamatan teriak sebelumnya hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak dikarenakan terbatasnya wawasan dan pengetahuan warga dalam teknik pengolahan makanan padahal sebenarnya dengan tangan terampil potensial untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan aneka makanan lezat sekaligus bergizi sekaligus mendukung program deversifikasi pangan karena dapat dijadikan sumber karbohidrat yang dapat menggantikan beras.
Keyong emas juga merupakan bahan pangan lokal yang terdapat di kecamatan teriak.

lanjut Anita, selama ini keong emas dikenal sebagai hama tanaman padi sebenarnya memiliki kandungan gizi tinggi berupa protein dan zink yang sangat bermanfaat untuk daya tahan tubuh, oleh karenanya pokja III TPKK kabupaten bengkayang membuat inovasi produk berupa sambal sere keong mas ( sereyong ) dengan beberapa tujuan yaitu membantu petani dalam penanganan hama tanaman padi sekaligus meningkatkan kesadaran warga untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang diharapkan dapat mendukung pemenuhan gizi masyarakat sehingga penularan covid dapat dicegah dan mengurangi stunting, dan melalui kegiatan pembinaan tersebut diharapkan muncul semangat warga untuk membuat produk makanan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Semoga kegiatan tersebut bermanfaat bagi seluruh peserta untuk mendukung program pemerintah kabupaten dalam rangka mendukung terciptanya SDM Unggul melalui konsumsi pangan lokal bergizi menuju Bengkatang Mantap,” tutup Anita.(Kr/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed