by

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Gubernur Kalbar: Mudik Tahun 2023 Berjalan Tertib Dan Lancar

PONTIANAK, Media Kalbar

Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah Tahun 2023, Kepolisian Daerah Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas yang dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., selaku Inspektur Apel dengan didampingi Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., di Lapangan Januraga Polda Kalbar, Senin (17/4/2023).

Dalam kesempatan ini Gubernur Sutarmidji menyampaikan bahwa apel yang digelar ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023, sehingga dapat berjalan dengan baik dari tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri. Mudik tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penanganan arus mudik tahun 2022. Ini menjadi pemacu semangat, sehingga mudik 2023 mampu dilaksanakan dengan baik,” ucap Gubernur saat membacakan amanat Kapolri di depan para peserta apel.

Dalam memastikan kelancaran arus mudik dan balik, dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, namun terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi, seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bahan pokok dan bahan penting (bapokting).

“Pastikan kendaraan tersebut dilengkapi dengan surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga hal ini mempermudah proses pemeriksaan,” jelasnya.

Lanjutnya, ia berpesan agar para stakeholder terkait dapat mengatur pembelian tiket secara online, mengoptimalkan ketersediaan kapal serta fasilitas jalan menuju pelabuhan dan melakukan sosialisasi pengaturan keamanan dalam memperlancar mudik kepada masyarakat.

“Pastikan juga kelancaran penerapan penundaan perjalanan (delaying system) dan screening tiket penumpang. Apabila terdapat penumpang yang belum memiliki tiket, koordinasikan dengan ASDP untuk melayani penjualan tiket,” tuturnya.

Kemudian, ia juga tak lupa meminta kepada Satgas Pangan dengan stakeholder terkait untuk berkoordinasi dengan baik dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapokting.

“Tingkatkan koordinasi antara Satgas Pangan dengan stakeholder terkait, sehingga tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga bapokting selama perayaan Idul Fitri 1444 H,” harap Gubernur Sutarmidji.

Sebelum mengakhiri amanat Kapolri, Gubernur juga berharap mudik tahun ini dapat berjalan dengan baik dengan menaati aturan yang diberlakukan oleh Pemerintah.

“Kita harus ikuti arahan pak Kapolri dan satu komando, Insyaa Allah akan terlaksana dengan baik karena kita sudah mempersiapkan dengan matang,” tutup mantan walikota pontianak dua periode ini.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas ini dirangkaikan dengan penyematan pita tanda Pasukan Operasi Ketupat Kapuas serta melepas 1000 paket Bhakti Sosial dalam rangka Idul Fitri 1444 H oleh Gubernur Kalbar bersama Forkopimda.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri beberapa Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalbar juga pimpinan dari instansi vertikal terkait.(adpim/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed