by

Belajar Di Universitas Terbuka Dipermudah Dengan Berdirinya Gedung SALUT Bengkayang

Bengkayang, Media Kalbar

Di hari kedua ini Layanan Universitas Terbuka Kabupaten Bengkayang melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). Merunut catatan penyelenggara kegiatan pada periode 2024 semester ganjil Ada 212 orang mendaftar sebagai mahasiswa baru. Pengenalan pembelajaran kampus Universitas Terbuka ini berjalan selama dua hari, (14-15/2024), di jalan Langgawi Nomor 95 Kelurahan Sebalo.

Jika melihat penjelasan pengelola kelompok belajar Universitas Terbuka, Mujilastuti, mahasiswa baru paling banyak berasal dari Kecamatan Sanggau Ledo, Seluas, Bengkayang, Teriak dan Sungai Betung, selebihnya kecamatan lain dibawah sepuluh orang. Program studi yang diminati 212 mahasiswa baru ini didominasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), sisanya bermacam fakultas yang dipilih.

“Fakultas yang di ambil berpariasi, paling banyak Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). PGSD Terbagi dua kalisifikasi pertama PGSD Pra Jabatan, kedua PGSD dalam jabatan. Prajabatan artinya mahasiswa yang baru menyelesaikan Pendidikan Sekolah Menengah Atas langsung masuk kuliah dan tidak menggunakan surat Keputusan (SK), sedangkan dalam jabatan mereka yang menggunakan surat Keputusan, kelompok ini adalah mereka yang telah bekerja di Institusi pemerintah. Tapi sekarang ini juga ada sepuluh orang perangkat Desa kuliah ambil program selama dua tahun enam bulan,” terang Mujilastuti pada Minggu,(15/9).

Menariknya ada mahasiswa baru berujar bahwa dirinya memilih Universitas Terbuka di Bengkayang karena dilatari motifasi ketika berhasil menyelesaikan studi strata satu PGSD bisa langsung mengajar, salah satunya adalah Krisnawati, peserta OSMB asal Kecamatan Seluas ini sangat yakin kuliah di Universitas Terbuka lebih pleksibel, biaya terjangkau dan mudah.

“Belajar via online, bisa belajar dari rumah, waktu mengerjakan tugas bebas kita pilih, bisa pagi, siang atau pada malam hari, intinya lebih dipermudahlah, begitu pak,” ungkap Krisnawati ketika istirahat setelah mendengar pemaparan materi dari perwakilan Direktur Universitas Terbuka Pontianak, pada pukul 10:21 Wib di Gedung lantai dua SALUT.

Pembelajaran di Universitas Terbuka sedari dulu memang sudah belaku jarak jauh, apa lagi pada era teknologi semakin modern sekarang ini semua dipermudah. Seperti disampaikan Rasiman pada mahasiswanya saat menyampaikan materi pembelajaran jarak jauh. Rasiman berujar mahasiswa saat belajar tidak perlu tatap muka langsung, bisa melalui via online.

“Belajar via online bisa melalui Tutorial Online, Tuweb dan e-learning. Kebetulan hari ini kami tatap muka menyampaikan keterampilan pembelajaran jarak jauh atau PKBJJ. Sekarang dipermudah lagi, ada fasilitas SALUT, tujuan untuk mempermudah mahasiswa konsultasi, keberadaan SALUT itu sendiri sentral layanan UT di setiap Daerah,” ujar Rasiman. (jmt/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed