by

Bupati Dadi Bertindak Sebagai Irup Pada Hari Amal Bakti Kemenag Ke-77

Mediakalbar, Melawi – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-77 di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi, Selasa (03/01/2023) di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi.

Membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengatakan peringatan Hari Amal Bakti sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Amal Bakti ke-77 ini, saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat”, ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan peringatan HAB ke-77 tahun 2023 ini mengambil tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Menurutnya, tagline ini sesuai dengan situasi dan kondisi yang akan dihadapi bangsa Indonesia dalam tahun politik menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kemenag. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, terlebih menjelang Pemilu 2024. Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud apabila antar masyarakat hidup rukun dan damai”, terangnya.

Bupati juga mengatakan di tahun politik, seluruh elemen masyarakat harus mewaspadai potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda. Menurutnya, penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai.

“Keluarga besar Kemenag, bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan serta tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya”, ungkapnya.

Menutup sambutannya, Bupati mengajak seluruh ASN Kemenag untuk menggelorakan semangat merawat kerukunan umat dan tidak menjadi partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kemenag harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan.

“Mari kita jadikan momentum HAB ini untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, tutupnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus, Para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi dan jajaran, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.(Frz/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed