by

Bupati dan Wakil Bupati Melawi Kunker Ke Belimbing Hulu Dalam Rangka Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan Tahun 2022

Mediakalbar, Melawi – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, bersama Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Belimbing Hulu, Senin (14/11/2021). Kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Melawi ini digelar dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan tahun 2022 dan diikuti juga oleh seluruh kepala desa se-Kecamatan Belimbing Hulu.

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Melawi Dapil Belimbing dan Belimbing Hulu, para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Dirut Perumdam Tirta Melawi, Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Para Kepala Desa, Kepala Sekolah, Guru, dan Tokoh Masyarakat.

Camat Belimbing Hulu, Seplek Murjonos, S.Pd.,M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan yang dilaksanakan oleh Bupati, Wakil Bupati Melawi, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi di Kecamatan Belimbing Hulu.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati, beserta seluruh rombongan di Kecamatan Belimbing Hulu. Kami sangat mengapresiasi atas kunjungan ini. Tentunya kami semua berharap Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati dapat memberikan arahan dan pembinaan serta bimbingan kepada kami semua di Kecamatan dan Desa agar lebih baik lagi kedepannya”, jelasnya.

Dalam laporannya, Camat Belimbing Hulu, Seplek menjelaskan profil lengkap kecamatan Belimbing Hulu, mulai dari dasar hukum pembentukan kecamatan, jumlah desa yang ada di kecamatan Belimbimg Hulu, data SDM, kondisi infrastruktur, data sarana dan prasarana pendukung kantor, jumlah penduduk, data fasilitas pendidikan dan keagamaan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, serta potensi wisata yang ada di kecamatan Belimbing Hulu.

Seplek juga menjelaskan, terkait Dana Desa 20% yang dialokasikan untuk ketahanan pangan, per oktober sudah terealisasi mencapai 70,85%, dan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Belimbing Hulu, dimana menurutnya saat ini sekitar 92,2 % masyarakat telah mendapatkan vaksinasi lengkap 1 dan 2.

“Sebagai laporan kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati, selain data dana desa dan vaksinasi Covid-19, kami juga melaporkan terkait stunting, dimana di Kecamatan Belimbing Hulu ada 2 lokus stunting yakni Desa Nanga Raya dan Desa Kayu Bunga”, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakannya kunjungan kerja dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan.

“Saya bersama Pak Bupati, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa melaksanakan kunjungan kerja dan tatap muka bersama masyarakat dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Belimbing Hulu dalam rangka silaturahmi, menampung aspirasi dan melihat langsung kondisi masyarakat, sekaligus melakukan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan”, ungkapnya.

Wakil Bupati juga mengingatkan bahwa kunjungan kerja jangan hanya menjadi acara seremonial dan simbolis saja. Namun harus ada hasil yang dibawa sebagai bahan dalam menyusun program-program kerja untuk tahun mendatang.

“Saya tidak ingin kunjungan kerja ini hanya dilaksanakan sebagai acara seremonial atau simbolis aja. Tetapi harus ada hasil yang dibawa sebagai bahan dalam menyusun program-program kerja kita untuk tahun 2023 mendatang”, pintanya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Wakil Bupati mengungkapkan saat ini pemerintah daerah terus melaksanakan pembangunan baik di bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian, dan bidang lainnya demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap Dana Desa bisa juga diarahkan untuk percepatan penurunan stunting melalui peningkatan pelayanan Posyandu dan perbaikan gizi ibu dan anak, karena saat ini Pemerintah Daerah memprioritaskan percepatan penurunan stunting di Melawi. Untuk pembangunan infrastruktur ada peningkatan jalan yang kita laksanakan, seperti di Piawas, Beloyang, Entebah, tiong keranjik, drainase, termasuk jembatan di Nanga Tikan.”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menambahkan terkait pembangunan infrastruktur, dimana menurutnya ada 2 jembatan gantung yang dibangun di Desa Nanga Raya, yakni di Dusun Sebelimbing dan Dusun Ganja, penyediaan air bersih di Piawas dan Tiong Keranjik, MCK di Kayu Bunga, 2 steigher dan 1 tribun di Balai Agas, termasuk anggaran 3 milyar untuk pemeliharan dan pembangunan jalan melalui UPJJ di Belimbing Hulu dan Belimbing.

“Seperti yang sudah disampaikan oleh Pak Wakil Bupati tadi, selain stunting, di bidang pertanian ada 1,2 milyar anggaran untuk pembangunan di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan, dan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, teknologi informasi dan laboratorium IPA di sejumlah sekolah”, terangnya.

Terkait pembangunan jembatan keberak, Bupati menegaskan pembangunan jembatan terus dilaksanakan dan ditargetkan selesai pada tahun 2022 ini.

“Jembatan Keberak sudah dikerjakan, karena rangkanya sudah teralisasi melalui bantuan dari Pemerintah Pusat. Mudah-mudahan tahun 2022 ini sudah bisa selesai dikerjakan”, tegasnya.

Menutup sambutannya, Bupati kembali mengingatkan Camat beserta jajarannya untuk aktif turun ke lapangan dan ke desa-desa dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan.

“Saya minta Camat beserta jajarannya aktif ke desa-desa melihat kondisi langsung masyarakatnya, sekaligus melakukan pembinaan dan pengawasan ke desa-desa agar program kerja dan pembangunan benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat”, tutupnya.

Pada kesempatan tersebut juga Pemerintah Kabupaten Melawi memberikan bantuan peralatan TIK, peralatan laboratorium IPA, bantuan benih Padi, bantuan benih ikan, penyaluran herbisida, serta paket bantuan sosial terhadap dampak inflasi. Dan pelaksanaan vaksinasi booster, skrinning penyakit tidak menular, pengobatan gratis, pelayanan percepatan kependudukan. (*/Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed