by

Bupati Ingatkan Kades Se-Kabupaten Sambas, Satono: Tidak Keluar Jalur, Maka Dipastikan Selamat

Sambas, Media Kalbar-Setelah melakukan Rapat Kerja Kepala Daerah bersama Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Sambas di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. Jumat, 19 November 2021, Bupati Sambas H. Satono, S.Sos.I., M.H. mengingatkan para Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Sambas untuk menjalankan pemerintahan dan pembangunan di desa dengan mengacu kepada regulasi yang sudah ada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti tersandung kasus hukum dan sebagainya.

“Untuk para Kades, saya minta dalam hal pemerintahan dan pembangunan di desa masing-masing harus mengacu kepada regulasi yang sudah ada. Sebenarnya mudah menjalankan roda pemerintahan di desa, karena sudah ada rel (aturan) nya. Selama masih berjalan pada rel tersebut, tidak keluar jalur, maka dipastikan selamat,” jelasnya, Jumat (19/11/2021).

Lanjutnya lagi Bupati menjelaskan bahwa regulasi yang mengatur dan menjadi rambu-rambu dalam menjalankan pemerintahan di desa sudah diatur mulai dari tingkat pusat sampai tingkat desa.

Dan juga Satono menyampaikan bahwa Permendagri, Pergub, Perda sampai Perdes sudah sangat jelas dan tinggal di ikuti saja. Jika Kades masih ada yang tidak paham tentang hal tersebut, Bupati menyarankan segera berkonsultasi dengan Dinsos Pemdes agar tidak salah jalan.

“Saya minta kepada pemerintah desa untuk pro aktif berkoordinasi tentang hal-hal yang tidak dipahami dan sebagainya. Silahkan datang ke Dinsos Pemdes, supaya tidak salah jalan,” ujarnya

Disampaikan Satono untuk peran pemerintah desa sebagai ujung tombak yang berperan menyampaikan, melaksanakan dan mengontrol kebijakan pemerintah kabupaten harus bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan aturan yang ada.

“Maju tidaknya Kabupaten Sambas ini sangat ditentukan oleh desa, sebab segala potensi yang ada di Sambas itu lebih dahulu dilihat oleh desa karena berada di setiap desa-desa,” jelasnya lagi

Menurutnya pemerintahan desa yang baik akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta mengangkat sektor pertanian, memajukan sektor wisata, perikanan dan lain-lain.

“Potensi desa harus di pacu lebih kencang di masa pandemi ini. Kalau semua potensi digali maka akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, untuk membawa Sambas yang Berkemajuan,” jelasnya
( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed