by

Bupati Soroti Truk-Truk ‘Obesitas’, Dishub Sambas Diminta Tindak Tegas

Sambas, Media Kalbar –

Guna mencegah kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Kabupaten Sambas, Bupati Satono, meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas, segera melakukan razia terhadap truk pengangkut buah sawit yang membawa muatan melebihi kapasitas. Pasalnya, truk Over Dimensi dan Over Load (ODOL) tersebut menyebabkan jalan dan jembatan cepat rusak.

“Saya minta Dinas Perhubungan segera lakukan razia terhadap truk pengangkut buah sawit yang melebihi kapasitas. Beri sanksi tegas kepada para sopir yang melanggar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, supaya ada efek jera,” kata Bupati Satono, Senin (15/8/2022).

Bupati Satono mengatakan, razia truk pengangkut buah sawit yang melebihi kapasitas tersebut guna mencegah kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan. Selama ini kata dia, telah banyak melihat truk pengangkut buah sawit yang sengaja membawa muatan dengan tonase yang tidak sesuai.

“Saya sudah minta Dinas Perhubungan untuk berkoordinasi dengan Satuan Lalulintas Polres Sambas dan ini harus segera ditindaklanjuti. Jangan sampai dibiarkan berlarut-larut sehingga para sopir nakal ini terlalu leluasa melanggar peraturan perundang-undangan,” kata Bupati Satono.

Bupati Satono mengatakan, sanksi tegas kepada sopir yang membawa muatan melebihi kapasitas tersebut sudah tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Bagi yang melanggarnya jangan lagi merasa benar, sebab aturan tersebut dibuat demi kepentingan masyarakat luas.

“Kalau semua sopir truk pengangkut buah sawit seenaknya membawa muatan melebihi kapasitas, jalan kita cepat rusak. Percuma pemerintah menggelontorkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan, kalau ujung-ujungnya rusak gara-gara sopir truk pengangkut buah sawit,” kata Bupati Satono.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas, Deni Andriansyah mengatakan siap memberikan tindakan tegas dan terukur kepada para sopir truk pengangkut buah sawit yang melebihi kapasitas. Dia mengatakan, Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas akan segera berkoordinasi dengan Polres Sambas.

“Kita akan segera menindaklanjuti perintah Bapak Bupati Sambas yang meminta dilakukan razia terhadap truk pengangkut buah sawit yang membawa muatan melebihi kapasitas. Masalah ini memang sudah serin in ing kita sosialisasikan kepada para sopir truk pengangkut buah sawit, namun masih banyak oknum yang melanggarnya,” katanya. ( Rai )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed