by

Cagub Kalbar H. Sutarmidji Hadiri Pembukaan Festival Budaya Paradje’ Pesaka Negeri ke-XVI

Sanggau, Media Kalbar

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menghadiri pembukaan Festival Budaya Paradje’ Pesaka Negeri ke-XVI Keraton Surya Negara Sanggau, Kabupaten Sanggau, Rabu (18/9) pagi. Tiba di pintu Gerbang Keraton Surya Negara Sanggau, Sutarmidji bersama para pejabat yang hadir disambut dengan penampilan palang pintu silat, dan tari persembahan.

Para tamu yang datang langsung diterima dengan hangat oleh Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman, dan Ratu Suri Surya Negara Sri Rahmawati, selaku tuan rumah. Adapun pembukaan Festival Budaya Paradje’ Pesaka Negeri ke-XVI Keraton Surya Negara Sanggau ini juga turut dihadiri Ketua Forum Silaturahmi Kerajaan Nusantara (FSKN), para raja, dan sultan serta para petinggi negeri di Bumi Daranante.

Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman mengatakan Paradje’ Pesaka Negeri adalah event budaya yang setiap tahun digelar di Keraton Surya Negara Sanggau. Didalamnya kata dia, juga diadakan ritual adat pembersih negeri, seperti dijauhkan dari marabahaya, wabah penyakit, agar masyarakat bisa hidup dengan tertib, aman, damai serta bersahaja. “Jadi ada sejumlah ritual yang digelar terdahulu berupa Beroah Agong, kirab Paradjek Pesaka Negeri atau berjalan membersihkan negeri, dan Tolak Ajong. Kemudian baru berbagai lomba dalam festival budaya melayu,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan itu, Gusti Arman juga menyampaikan terima kasih kepada Sutarmidji atas perhatian luar biasa yang diberikan ke Kabupaten Sanggau selama menjabat sebagai gubernur pada 2018-2023 lalu. Bahkan panggung yang berdiri kokoh, sebagai tempat ia memberikan sambutan itu dibangun di masa pemerintahan Sutarmidji. “Keraton Surya Negara tempat saya berdiri di podium ini (dibangun) merupakan APBD Provinsi Kalbar, dibangun sampai waterfront. Ini dibangun oleh Pak Sutarmidji yang memberi dana, Terima Kasih Pak Sutarmidji,” ujarnya.

Arman juga menyampaikan ke masyarakat Sanggau, tak hanya di kawasan keraton, sentuhan pembangunan di era kepemimpinan Sutarmidji juga dirasakan di tempat-tempat lain di Kabupaten Sanggau ini. Salah satunya Taman Arong’k Belopa yang setiap malam minggu selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk bersantai. “Masyarakat Sanggau juga perlu saya sampaikan tiap malam minggu kalau kita di (taman) Arong’k Belopa yang di depan Kantor Pengadilan ada air mancur yang berwarna-warna itu juga hasil suntikan dana dari APBD Provinsi Kalbar, mulut Gusti Arman yang minta dengan Pak Midji, Pak tolong pak bantukan dana dari APBD Provinsi Kalbar untuk membangun taman Arong’k Belopa,” terangnya.

Sampai akhirnya, pembangunan taman tersebut dapat terwujud berkat kolaborasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau dengan Pemprov Kalbar. Alhamdulillah Rp6 miliar, Pak Sutarmidji memberi dana, jadi bergabung APBD Provinsi Kalbar dengan APBD kabupaten, maka terbangunlah taman Arong’k Belopa yang malar tiap malam ramai. Kami doakan Pak Sutarmidji yang berpasangan dengan Pak Didi, mantan Kapolda kita (menang Pilkada),” pungkasnya. (*/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed