by

Cegah Karhutla, Polsek Bunut Hulu Gelar Rakor

Kapuas Hulu, Media Kalbar

Polsek Bunut Hulu Polres Kapuas Hulu, Polda Kalbar, menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kecamatan Bunut Hulu, pada hari Kamis tanggal 18 Juli 2024.

Kegiatan rakor pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dilaksanakan di Mapolsek Bunut Hulu dihadiri Camat Bunut Hulu, Danramil 1206-13/Bunut Hulu serta Kades se-Kecamatan Bunut Hulu dan Manajemen perusahaan sawit PT. Batu Rijalperkasa.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, S.I.K., M.H, melalui Kapolsek Bunut Hulu Iptu Jaspian mengatakan bahwa tujuan utama dari rakor ini adalah memetakan bersama bagaimana cara yang tepat dalam penanganan Karhutla di wilayah Kecamatan Bunut Hulu.

“Rakor ini biar ada kesepahaman baik dari pihak Kecamatan, Polsek, Koramil serta Kades se-Kecamatan Bunut Hulu serta manajemen perusahaan sawit PT BRP dalam menangani karhutla di wilayah Kecamatan Bunut Hulu,” ucap Iptu Jaspian.

Dengan adanya kegiatan Rakor terkait Karhutla ini diharapkan penangan karhutla yang ada di Kecamatan Bunut Hulu ini dapat di laksanakan secara tepat dan efisien sehingga dapat meminimalisir terjadinya karhutla.

Selanjutnya, Iptu Jaspian berpesan kepada para Kades yang hadir pada rapat koordinasi ini agar menindaklanjuti rapat hari ini dengan menyampaikan hasil rapat kepada perangkat desa dan masyarakatnya.

“Masyarakat harus selalu meningkatkan sinergitas antara Stakeholder lainnya dan mengajak pihak perusahaan agar bekerja sama dalam hal penyediaan alat Pemadam Karhutla,” kata Iptu.

Terakhir, Iptu Jaspian berpesan agar patroli karhutla harus kembali digalakkan dengan melibatkan personil Polri, TNI, perangkat desa, stakeholder setempat.

Sementara itu, Camat Bunut Hulu, Joko Kusmanto, S.H., menuturkan bahwa penanganan Karhutla ini merupakan tanggung jawab bersama, harapannya, bersama-sama melakukan upaya penanggulangan semaksimal mungkin dalam menghadapi karhutla ini.

Selanjutnya, Joko Kusmanto, S.H., meminta agar para Kades, mengaktifkan kembali program masyarakat peduli api (MPA) dengan melakukan Patroli guna pencegahan Karhutla yang ada di wilayah Kecamatan Bunut Hulu.

“Kita mengajak kepada pemerintah desa serta masyarakat untuk bekerja sama dalam hal penanganan dan penanggulangan karhutla serta menganggarkan untuk pengadaan alat pemadam kebakaran,” ujarnya.( Icg )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed