by

Danamon Donasikan 40 Kursi Taman dan 20 Tempat Sampah Untuk Tingkatkan Fungsi Taman Kota dan Trotoar di Pontianak

Pontianak, Media Kalbar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan dan pelestarian lingkungan melalui berbagai inisiatif yang dikemas dalam program Danamon Peduli. Tidak hanya berfokus pada penurunan emisi karbon, Danamon Peduli juga memberikan perhatian khusus pada isu pendidikan dan gaya hidup ramah lingkungan. Melibatkan karyawan sebagai relawan, yang dikenal dengan sebutan D-Volunteers, Danamon Peduli Lingkungan 2023 Region Kalimantan mempunyai misi untuk meningkatkan fungsi taman kota dan trotoar serta edukasi pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Seremoni serah terima dilakukan di Waterfront City Pontianak, diserahkan oleh Regional Corporate Officer Danamon Kalimantan, Sandra Angelia kepada Walikota Pontianak, Ir. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT didampingi beberapa Kepala Dinas dan Ibu Lurah Benua Melayu Laut. Dalam acara tersebut, Pemerintah Kota Pontianak mengapresiasi dan mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Danamon dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota Pontianak.

“Ruang terbuka hijau yang nyaman saat ini menjadi salah satu prioritas bagi masyarakat perkotaan untuk menciptakan keselarasan hidup. Dalam kegiatan ini, Danamon telah menempatkan 40 kursi taman dan 20 tempat sampah yang akan memberikan kenyamanan dan kebersihan bagi masyarakat yang melintas di jalan ini. Dengan peningkatan fungsi taman kota dan trotoar di Jalan Jendral Ahmad Yani dan di beberapa taman kota seperti taman Digulist, taman Catur, Taman Akcaya dan juga di Waterfront City, Danamon berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau, bersih dan nyaman bagi warga Pontianak,” ujar Regional Corporate Officer Danamon Region Kalimantan, Sandra Angelia, Rabu (6/12)

Selain kegiatan peningkatan fungsi taman kota dan trotoar, D-Volunteers juga melaksanakan kerja bakti di Waterfront Pontianak, daerah tepian Sungai Kapuas. Dalam kerja bakti tersebut, D-Volunteers membagikan 1.000 kantong pakai ulang kepada masyarakat yang datang ke area tersebut. Waterfront Pontianak merupakan salah satu ruang terbuka yang diminati oleh masyarakat Kota Pontianak maupun menjadi tujuan wisatawan untuk menikmati keindahan Sungai Kapuas. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat Waterfront Pontianak semakin terjaga kebersihannya dan menjadi destinasi yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai bagian dari upaya Danamon dalam mendukung lingkungan yang lebih berkelanjutan, pembagian kantong pakai ulang juga merupakan kontribusi untuk mendorong penerapan Peraturan Walikota Pontianak No. 6 tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Dengan memberikan kantong pakai ulang kepada masyarakat, Danamon berharap dapat mengedukasi dan mendorong kesadaran akan pentingnya mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

“Seperti halnya di banyak kota lainnya, limbah kantong sekali pakai bisa menjadi masalah yang signifikan di Pontianak. Limbah ini dapat ditemukan di sungai, jalanan, dan tempat pembuangan sampah. Meski pun sekali pakai, daya rusaknya bisa dirasakan hingga puluhan hingga ratusan tahun. Kami berharap kantong pakai ulang ini dapat mengurangi konsumsi plastik sekali pakai dan mendorong penggunaan kantong pakai ulang sebagai alternatif yang ramah lingkungan.Kami harap tindakan kecil ini dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat untuk hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan,” tambah Sandra.

Danamon Peduli Lingkungan merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Danamon dalam menjaga kelestarian lingkungan. Danamon terus berupaya untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam mendorong keberlanjutan di seluruh wilayah operasionalnya. Danamon percaya bahwa kolaborasi dan partisipasi dari semua pihak merupakan kunci untuk mencapai lingkungan yang lebih hijau dan berkualitas, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. (**/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed