by

Desa Sungai Itik Jadi Tuan Rumah dalam Pemantauan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting oleh Tim Sekretariat Wakil Presiden

Kubu Raya, Media Kalbar

Desa Sungai Itik, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat hari ini Rabu(12/6/2024)menjadi pusat perhatian dalam kegiatan Pemantauan Intervensi Serentak Percepatan Pencegahan Stunting yang diselenggarakan oleh Tim Sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.Kegiatan ini berlangsung di Posyandu Melati Putih Desa Sungai Itik.

Hadir dalam acara ini adalah Pj Bupati Kubu Raya Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si.,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, sejumlah Kepala SKPD Kabupaten Kubu Raya, Camat Sungai Kakap, serta Kepala Desa Sungai Itik.

Dr. Syarif Kamaruzaman Pj. Bupati Kubu Raya dalam keterangannya kepada media menyatakan, “Hari ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Posyandu. Alhamdulillah, bersamaan dengan adanya kunjungan dari Tim Sekretariat Wakil Presiden yang melakukan pemantauan dan monitoring.” katanya.

“Ini adalah kali kedua Posyandu Melati Putih Desa Sungai Itik.dipantau oleh mereka.Diharapkan nanti akan ada evaluasi langsung dan masukan-masukan untuk perbaikan sehingga kita bisa mendapatkan data yang lebih akurat untuk membuat kebijakan yang tepat terkait tumbuh kembang anak dari balita hingga menjadi generasi emas pada tahun 2045,” ujarnya.

Kegiatan Posyandu ini meliputi pengukuran, penimbangan, dan pemeriksaan lingkar lengan untuk ibu hamil serta anak-anak usia 2 hingga 5 tahun. Semua data yang diperoleh akan digunakan sebagai dasar untuk kebijakan intervensi, terutama jika ditemukan kasus stunting.”Ini menunjukkan bahwa pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya ibu hamil dan balita di Kubu Raya,” tambah Dr. Syarif Kamaruzaman.

Besok Kata Dr. Syarif Kamaruzaman
, kegiatan pemantauan dan evaluasi akan berlanjut di Griya Husada Komplek Griya Husada, dengan harapan Gubernur Kalimantan Barat beserta pejabat terkait juga dapat hadir untuk meninjau langsung.”Harapnya.

“Kehadiran Tim Sekretariat Wakil Presiden dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam upaya percepatan pencegahan stunting dan peningkatan kualitas kesehatan anak-anak di Provinsi Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Kubu Raya.

Di lokasi Yang sama Camat Sungai Kakap, Junaidi S. Sos, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas kedatangan tim Sekretariat Wakil Presiden di Kecamatan Sungai Kakap. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau sejauh mana proses intervensi stunting dan kegiatan serempak yang telah dilaksanakan di sejumlah tingkat kabupaten, khususnya di Kabupaten Kubu Raya.”Katanya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillah, tadi kita sudah menyaksikan bersama-sama kedatangan tim Sekretariat Wakil Presiden di Kecamatan Sungai Kakap, tepatnya di Desa Sungai Itik. Maksud dan tujuan tim ini adalah untuk melihat sejauh mana proses intervensi stunting dan kegiatan serempak yang telah dilakukan di tingkat kabupaten, khususnya di Kabupaten Kubu Raya,” ujar Junaidi.

Desa Sungai Itik di Kecamatan Sungai Kakap dipilih sebagai lokasi kunjungan untuk mengevaluasi pelaksanaan intervensi stunting, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penanganan stunting dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/5371/SJ tanggal 13 November 2022. Surat tersebut meminta seluruh jajaran tim untuk melakukan intervensi dan memastikan pelaksanaan program di tingkat kabupaten.

Kecamatan Sungai Kakap bersama dengan Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Kakap di Kabupaten Kubu Raya menjadi fokus kunjungan ini. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Pj.Bupati Kabupaten Kubu Raya, Kepala Dinas Kesehatan, dan perwakilan dari Dinas Perhubungan.

Proses tanya jawab berjalan lancar, dengan harapan bahwa kehadiran tim Sekretariat Wakil Presiden ini dapat meningkatkan kepercayaan terhadap pelaksanaan program di Kabupaten Kubu Raya.

“Harapan kita, dengan kehadiran tim ini, akan menambah kepercayaan bahwa Kabupaten Kubu Raya, khususnya Kecamatan Sungai Kakap, telah melaksanakan intervensi serentak sesuai arahan Presiden maupun Kementerian Dalam Negeri. Kami akan terus melanjutkan intervensi terkait penanganan stunting dengan pendekatan sensitif dan spesifik,” tambah Junaidi.

Kunjungan ini diharapkan dapat memastikan bahwa data-data terkait proses intervensi stunting telah berjalan sesuai dengan rencana dan koridor yang ditetapkan. “Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik sesuai harapan kita,” tutup Junaidi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.”Tandanya.

Sementa itu, Abdurrahman, Kepala Desa Sungai Itik, menyampaikan bahwa kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan sukses yang ditinjau Lansung oleh Tim Sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan stunting di Posyandu Melati Putih.

Dalam kesempatan tersebut, Abdurrahman menekankan pentingnya pencegahan stunting dan bagaimana upaya-upaya yang telah dilakukan di Posyandu Melati Putih. “Kehadiran Tim Sekretariat Wakil Presiden sangat penting untuk memberikan dukungan dan motivasi bagi kami di desa ini. Kami berharap dengan adanya perhatian seperti ini, kondisi kesehatan masyarakat, khususnya di Kecamatan Sungai Kakap dan Kabupaten Kubu Raya, dapat semakin membaik dan angka stunting menurun sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Kalimantan Barat,” ujarnya.

Abdurrahman juga mengungkapkan harapannya agar kehadiran tim tersebut dapat membawa keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat Sungai Itik dan sekitarnya. “Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, upaya pencegahan stunting dapat berjalan lebih efektif dan efisien, serta memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat.”Harapannya.

Kegiatan yang melibatkan berbagai pihak ini menunjukkan komitmen bersama dalam upaya menurunkan angka stunting di wilayah Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Kubu Raya. Dengan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, diharapkan target penurunan angka stunting dapat tercapai dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.(Mk/Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed