by

DPW Apkasindo Kalbar Targetkan Anggota dan Petani Sawit Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Mediakalbar, Melawi – Petani sawit memiliki risiko atas kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja pada saat beraktivitas, mulai dari kecelakaan yang diakibatkan alat pertanian maupun bahaya yang berasal dari binatang buas yang berada diarea perkebunan.

Demi mewujudkan keselamatan anggotanya dari kecelakaan kerja, Apkasindo Kalbar bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Pertama kalinya kerjasama itu dilakukan untuk 100 anggota Apkasindo di Kabupaten Melawi, secara simbolis kartunya diserahkan langsung oleh Deputi Direktur Wilayah Kalimantan BPJS Ketenagakerjaan, Hj. Rini Suryani kepada anggota APKASINDO, Rabu (2/3/2022).

“Kita melakukan kerjasama dengan Apkasindo wilayah Kalbar untuk memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh anggota Apkasindo di Kalbar ini,” kata Deputi Direktur Wilayah Kalimantan BPJS Ketenagakerjaan, Hj.Rini Suryani.

Lanjut Rini, kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dan Apkasindo Kalbar memang bertahap, untuk pertama 100 anggota di Kabupaten Melawi ini. Kedepannya seluruh anggota akan didaftarkan menjadi peserta.

” Para anggota Apkasindo Kalbar akan terdaftar di program kita ini, emang bertahap – tahap. Pertama kalinya 100 orang anggota Apkasindo di Kabupaten Melawi yang kita daftarkan menjadi peserta,”ujarnya.

Senada juga di sampaikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sintang, Zeid Eriza Putra bahwa pentingnya BPJS Ketenagakerjaan untuk para petani sawit untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan ini, karena kecelakaan kerja ini bisa datang kapan saja.

” Para petani sawit seharusnya sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena kita tahu kecelakaan kerja itu bisa datang kapan saja. Saya sangat memberikan apresiasi kepada Apkasindo Kalbar yang sudah mau bekerjasama dengan kita untuk kepentingan keselamatan anggotanya, cukup membayar iuran total Rp.16.800/bulan, dan bisa dibayar perbulan, pertiga bulan, perenam bulan dan pertahun,” ujarnya.

Ketua Apkasindo Kalbar, Indra Rustandi menyampaikan bahwa program yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada nya sangatlah bagus, untuk keselamatan para anggotanya.

” Program yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada kami sangat lah bagus, demi keselamatan kerja anggota kami dilapangkan sangat perlu jaminan keselamatan kerja tersebut, dan hari ini 100 anggota kami di Kabupaten Melawi yang menjadi pertama menjalankan program tersebut. Nanti kedepannya kita akan kedaerahan- daerah lain di Kalbar ini,” pungkasnya. (Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed