by

Dua Hasil Inovasi Pemdes Punggur Besar Untuk Mendorong Percepatan Pelayanan dan Pembangunan Desa

Kubu Raya, Media Kalbar -Bupati Kabupaten Kubu Raya H.Muda Mahendrawan SH., launching Dua hasil Inovasi Pemerintah Desa Punggur Besar untuk mempercepat pelayanan dan Pembangunan Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap.

Di ataranya Launching mesin anjungan pelayanan mandiri pemerintah desa Punggur Besar serta Launching
Produk Ekonomi Inovasi desa
(Pring Opeh Pelepah Pinang)di Kantor Desa Punggur Besar baru Sabtu.(11.Desember 2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut
Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Camat se-Kabupaten Kubu Raya Kepala Desa se-Kubu Raya Tokoh Agama Tokoh Etnis Tokoh Masyarakat Tokoh pemuda Prangkat Desa dari tingkat RT/RW.Dusun BPD serta para Tamu undangan yang hadir.

H.Muda Mahendrawan
SH.Bupati Kubu Raya Kepada sejumlah wartawan dia mengatakan Dengan adanya Inovasi yang di lakukan Pemerintah Desa Punggur Besar ini tentu mempercepat Pelayanan dan kita akan mengupayakan memperkuat lagi Seperti mesin anjungan.”Katnya

“Pelayanan mandiri inikan baru yang pertama di Kalbar yang akan di gunakan masyakakat Desa
,mungkin ini yang bisa mandiri melayani diri sendiri dengam surat surat yang ringan yang bisa di lakukan semua bisa di scan bisa di oprasikan.

“Dan juga inovasi OP pinang itu juga suatu hal yang sangat membanggakan karena ini kearifan lokal sekaligus merawat areal sekitar untuk kita melakukan resolasi gambut tetapi juga kita produktif.

Dikatakannya semakin banyak orang yang menanam pinang semakin banyak produksi dan OP tidak terbuang dan dapat menambah penghasilan rumah tangga sekaligus juga kita hari ini upaya menerapkan bagaimana agar menjadi smart pilih itu benar benar bisa terwujud dengan apa yang ada ini masuk ke desa digital yang maksimal.”Kata Muda.

“Sementara Kepala Desa Punggur Besar,Anuar M.Nur ia menjelaskan
Saat ini salah satu upaya untuk kita meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat salah satunya pemanfaatan uang digital secara positif nanti kita buat yang tentunya akan mempermudah di mesin anjungan.

Pelayanan mandiri ini masyarakat bisa secara mandiri untuk melakukan proses pembuatan surat pengantar yang menjadi kewenangan Desa jadi mereka sudah bisa,dengan menggunakan dengan KTP Elektronik yang nanti akan di scan di mesin anjungan itu datanya sudah terunggah sendiri

“Warga tinggal memilih surat apa yang memang mereka kehendaki dan ini langsung kita tanda tangani secara elektronik hanya kurang kebuh butuh waktu 2-3 menit sudah langsung kita setujui dan surat nya langsung tercetak sendiri di mesin APM nya.”Jelas Anuar.

Anuar M.Nur Kepala Desa Punggur Besar menamhakan untuk biaya pembuatan mesin anjungan keseluruhan karena kita masih menggunakan visi secara manual ini kurang lebih biaya sama body 18 juta.

Masih Kata Anuar untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada Masyarakat ini dalam upaya dalam peningkatan pelayanan harapan kita juga dalam hal ini karena rentang keputusan juga jauh dan luas Desa Punggur Besar kurang lebih 8800 hektar.

“Sehingga nanti kedepannya kalau memang masyarakat juga sudah memahami mengerti dan tau akan tanggung ajawab bagai mana tentang penggunaan ini kita juga akan membuat beberapa titik di daerah daerah yang jauh dari jangkauan desa punggur besar.”Tandasnya.

“Pada waktu yang sama Ruslan Selaku BPD Desa Punggur Besar mengatakan saya selaku BPD, inovasi ini sangat Bagus karena bisa menciptakan lapangan pekerjaan,kemudian bisa mendaur ulang bahan yang dulu nya tidak di pakai menjadi di pakai seperti OP pinang.Itu kan di bikin piring sehingga dulu yang tidak terpakai itu bisa terpakai lagi,

“Terus APM kalau itu lebih mempermudah untuk masyarakat jadi ketika mungkin ada beberapa kendala yang mungkin kurang seumpamanya di capil dia bisa langsung online tidak perlu ke kantor desa lagi.Harapan saya ke depan nya untuk inovasi ini di kembangkan di perbaiki lagi biar lebih Bagus hasilnya.Pungkasnya.(Tim MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed