by

Festival Kapuas Kalbar Award 2023, Sport Tourism Unik Destinasi Wisata Kampung Caping

PONTIANAK, Media Kalbar

Festival Kapuas Kalbar Award 2023 resmi dibuka oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., yang dirangkaikan dengan lomba catur, bridge dan kano di Rumah Budaya Kampung Wisata Caping Pontianak, Jum’at (2/6/2023). Kegiatan ini berlangsunh tanggal 2 sampai 4 Juni 2023

Gubernur Sutarmidji mengatakan Festival Kapuas Kalbar Award ini diselenggarakan dalam rangka mendukung salah satu kawasan objek wisata di Kalbar dengan menyatukan olahraga dan pariwisata.

“Terutama kerajinan disini (Kampung Wisata Caping) sudah dikenal dimana – mana, jadi saya minta agar inovasi terus dilakukan. Kawasan di sekitar Kampung Wisata Caping ini penataannya belum selesai, saya ingin berbagai kerajinan Pontianak juga ditampilkan disini sambil orang berwisata Sungai Kapuas,” ungkap Sutarmidji.

Orang nomor satu di Kalbar ini mengajak masyarakat agar lebih meningkatkan kepedulian dalam menjaga Sungai Kapuas. Dengan adanya aktivitas di sungai dapat mengurangi dampak negatif yang ada, sehingga kita bersama berusaha menjaganya seperti tidak terjadi pembuangan sampah sembarangan yang menyebabkan wilayah tersebut kumuh hingga mengakibatkan pendangkalan aliran sungai itu sendiri.

“Makanya transportasi sungai itu harus terus digalakkan, kemudian peduli sungai harus terus ditingkatkan supaya Sungai Kapuas lebih bersih tidak seperti sungai-sungai besar di Indonesia lainnya. Saya jamin kalau dibandingkan dengan sungai-sungai besar di Indonesia Sungai Kapuas lebih bersih. Karena kepedulian masyarakatnya terus kita jaga,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., mengatakan bahwa Festival Kapuas Kalbar 2023 ini merupakan rangkaian dari Kalbar Award 2023, dengan mengedepankan Sport Tourism.

“Jadi kedepannya memang antara olahraga, pariwisata, kepemudaan dan ekonomi kreatif memang harus bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka peningkatan dan pengembangan untuk ke – 4 bidang tersebut. Masing-masing mempunyai dampak ekonomi yang memang bisa untuk pembangunan di wilayah tersebut,” jelasnya.

Windy mengungkapkan, tujuan dari cabang olahraga yang diselenggarakan guna mendekatkan masyarakat untuk melakukan olahraga sambil menikmati destinasi wisata.

“Beberapa Cabor diperlombakan seperti kano, dragon boat, bridge dan catur dan tidak menutup kemungkinan beberapa Cabor diperlombakan pada destinasi selanjutnya. Lomba ini untuk masyarakat umum dengan mengikuti ketentuan dan syarat,” tutupnya.

Dalam Festival ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, dr. Harisson, M.Kes., beserta beberapa Kepala Perangkat Daerah Kalbar, Forkopimda Kalbar atau yang mewakili dan Direktur Utama Bank Kalbar.(adpim/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed