by

Gelar Muscab Pramuka ke-V di Sambas, Wabub Rofi : Saling Bergandengan Tangan Membangun Daerah Berkemajuan

SAMBAS, Mediakalbarnews –

Dengan bertajuk “Melalui Musyawarah yang Dilandasi Semangat Berkemajuan Mari Wujudkan Pramuka Sambas yang Berkarakter, Berkebangsaan dan Berkecukupan,” secara resmi dibuka oleh Wakil bupati Sambas, Fahrur Rofi yang dilaksanakan di Aula Utama Bupati Sambas.Selasa,(15/2/2022)

Musyawarah Cabang (Muscab) ke-V Tahun 2022 Gerakan Pramuka Kabupaten Sambas dihadiri secara langsung oleh Sekda Kabupaten Sambas, H.Ferry Madagaskar,.ST.MT bersama Wakil Ketua DPR RI, Syarif Abdullah Alkadrie beserta para tamu undangan.

Wabup Fahrur Rofi juga menyampaikan permohonan maaf Bupati Sambas, Satono, yang berhalangan hadir. Dirinya mengatakan dalam sambutannya bahwa sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab), Bupati Satono adalah orang yang paling depan mendukung Gerakan Pramuka di Kabupaten Sambas.

“Pertama saya ingin sampaikan permohonan maaf beliau, tidak bisa hadir di Muscab karena sedang bertugas di luar kota. Insyaallah kata beliau, akan selalu berada di garda terdepan mendukung Gerakan Pramuka di Kabupaten Sambas,” katanya

Wakil Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Sambas itu mengatakan, program kerja Gerakan Pramuka di Kabupaten Sambas akan diselaraskan dengan program kerja Pemerintah Daerah. Dia berharap, Muscab Pramuka ke-V di Kabupaten Sambas bisa menjadi tonggak kebangkitan Pramuka ke depan.

“Saya ingin Gerakan Pramuka terus bersama-sama Pemda Sambas, saling bergandengan tangan dalam rangka membangun daerah agar lebih Berkemajuan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alqadrie mengatakan program kerja Pemerintah Daerah seyogyanya selaras dengan program kerja Pramuka. Sebab, sejak dilantik, Bupati dan Wakil Bupati adalah Kamabicab dan Wakil Kamabicab Gerakan Pramuka. Selain itu, setiap OPD terkait punya saka masing-masing.

“Pramuka itu di dalam struktur kepengurusannya dari nasional, sampai ke daerah secara otomatis menjabat, mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati, sampai Camat. Jadi program-program pemerintah itu tentunya harus selaras dengan program kepramukaan,” ujarnya.

Syarif mengatakan, Gerakan Pramuka bukanlah organisasi kepemudaan, melainkan organisasi yang menyelenggarakan pendidikan diluar sekolah dan diluar lingkup keluarga. Pramuka berperan membentuk karakter yang Pancasilais.

“Pramuka punya peran mencegah gradasi pemecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara. Sampai saat ini saya bersyukur karena kita Pramuka di Kalbar sudah menerapkan hal-hal itu,” jelasnya

( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed