by

Gempa Bumi Tektonik M-4.3 Guncang Kapuas Hulu

Kapuas Hulu,  Media Kalbar

Kejadian dan parameter gempabumi
Hari Senin, 25 Maret 2024 pukul 19:54:24 WITA, wilayah Kapuas Hulu diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=4.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.14 LU dan 113.0 BT, atau tepatnya berlokasi 34 km BaratLaut KAPUASHULU-KALBAR pada kedalaman 10 km.

Jenis dan mekanisme gempabumi
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

*Dampak gempabumi*
Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kapuas Hulu dengan intensitas III MMI (*Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.*). Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut.

*Gempabumi susulan*
Hingga hari Senin, 25 Maret 2024 pukul 20:22:10 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

*Rekomendasi*
Kepada masyarakat di wilayah Kapuas Hulu dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg. (*/icg)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed