by

Gernas BBI Dorong Penggunaan Produk UMKM Kalbar

PONTIANAK, Media Kalbar

Mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Sekda Kalbar), dr. Harisson, M.Kes., memberikan sambutan pada acara Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat, yang diselenggarakan di Rumah Radank Pontianak, Jum’at (9/12).

Sekda Kalbar menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Provinsi Kalbar.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar saya ucapkan terima kasih telah mengadakan kegiatan ini di Kalbar. Gernas BBI diharapkan menjadi momentum dalam meningkatkan kecintaan pada produk dalam Negeri dan mendorong Nasional Branding Produk Lokal Unggulan,” ucap Harisson.

Sekda mengungkapkan, bahwasannya kegiatan ini dimaknai sebagai strategi untuk menjamin adanya keberlanjutan pasokan Hulu dan Hilir agar produk yang dihasilkan selalu tersedia di pasar Lokal, Regional, Nasional hingga merebut pasar Internasional.

“Pelaku atau penggiat UMKM yang dipersembahkan oleh ke-tujuh Rumah BUMN se-Kalbar ini harus bersama-sama mengambil peran agar kolaborasi dan kekompakan para pihak terkait terus terjalin dan terpelihara,” ungkap Harisson.

Pemerintah Provinsi Kalbar dalam hal ini senantiasa menyambut inisiatif kolaborasi agar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Bangga Buatan UMKM Kalbar dapat menjadi motivasi dalam mengutamakan penggunaan dan mengkonsumsi produk buatan sendiri.

“Diharapkan kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional menjadi 65%, dimana PDB Koperasi berkontribusi sebesar 11,54%, Kontribusi ekspor UMKM 21,60%, startup berbasis inovasi dan Koperasi 850 unit, Koperasi Modern berbasis digital 100 unit dan rasio kewirausahaan 3,95%. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan UMKM khususnya Provinsi Kalbar,” harap Harisson mengakhiri sambutannya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar, Ny. Hj. Lismaryani, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting beserta jajarannya, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Drs. Ignasius IK, S.H., M.Si., Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., dan beberapa Kepala Instansi Vertikal lainnya.(adpim/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed