by

Hari Bhakti Imigrasi Ke-47 Kakanwil Pimpin Upacara Tabur Bunga, Pria Wibawa: Teladani Semangat Para Pejuang

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi yang ke-73 Tahun 2023 dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat, melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Kubu Raya, Selasa (24/01).

Kepala Kantor Wilayah bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Kepala Divisi Keimigrasian sebagai Perwira Upacara, dengan peserta upacara para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah, para Pejabat Administrasi Kantor Wilayah, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pontianak, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Pontianak Raya, serta para Pejabat Struktural dan perwakilan Pegawai pada Divisi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, dan Rumah Detensi Imigrasi Pontianak.

Diawali upacara ziarah, kegiatan ini berlangsung secara khidmat diikuti oleh seluruh jajaran. Puncak upacara ziarah tersebut ditutup dengan peletakan karangan bunga oleh kepala kantor wilayah di monumen TMP sebagai bentuk penghormatan kepada arwah pahlawan.

Kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan oleh para Pimipinan Tinggi beserta Kepala UPT dan jajaran. Pria Wibawa mengatakan kegiatan tabur bunga ini dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan dan memotivasi insan keimigrasian untuk selalu semangat bekerja keras seperti para pahlawan yang telah mendahului.

Setelah pelaksanaan kegiatan Kepala Kantor Wilayah menyampaikan bahwa Upacara Ziarah dan Tabur Bunga dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 penting untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan terutama yang berjuang dalam mendirikan Direktorat Jenderal Imigrasi hingga eksistensinya sekarang.

“Saya berharap agar generasi penerus Direktorat Jenderal Imigrasi dapat meneladani semangat para pejuang pendahulu kita, sehingga dapat membawa Direktorat Jenderal Imigrasi semakin PASTI dan BerAKHLAK dengan bekerja secara cepat, tepat, ikhlas, dan hasilnya akuntabel, selaras dengan tema Peringatan HBI ke-73 Tahun 2023 yaitu Imigrasi Baru untuk Indonesia yang Semakin Maju,” pesan Pria Wibawa.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini tidak hanya sebagai suatu seremonial belaka, tetapi sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah berjasa dalam memerdekakan bangsa Indonesia dan juga untuk memupuk rasa cinta tanah air.

“Acara tabur bunga ini bukanlah sekedar seremonial dari rangkaian acara Hari Bhakti Imigrasi yang ke-73 belaka, tetapi merupakan suatu bentuk penghormatan pada para pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia, tentunya acara ini sekaligus juga merupakan momen bagi kita untuk memupuk rasa cinta pada tanah air”, pungkas Kakanwil.

Kegiatan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga dalam Rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kantor Imigrasi di luar Kota Pontianak Raya di Taman Makam Pahlawan yang ada di wilayah kerjanya, dengan Inspektur Upacara masing-masing Kepala Kantor Imigrasi. (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed