by

HPN 2023, Bupati Nikson Nababan: Taput Siap Sambut Ekspedisi Toba

Tarutung, Media Kalbar

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara, Drs Nikson Nababan MSi, kembali menegaskan dukungan Pemkab Taput untuk pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, 4-7 Februari 2023.

Bupati Nikson Nababan pun telah menginstruksikan jajarannya berkolaborasi dengan Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumut dan Pengurus SMSI Kabupaten Taput menyukseskan ekspedisi dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 itu.

“Saya sudah instruksikan dibuat rapat pematangan ekspedisi ini, diundang semua dinas terkait,” ujar Nikson Nababan saat menerima Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupu, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, di Rumah Dinas Bupati, Jalan Ahmad Yani Tarutung, Sabtu (21/01/2023) sore.

Bupati Nikson Nababan mengatakan Taput merasa terhormat dengan akan dikunjungi 200 peserta ekspedisi yang merupakan pengurus SMSI se-Indonesia pada 4 Februari mendatang.

“Kita mainkan, harus sukses acara ini, ngutang pun jadilah,” ujar Nikson Nababan, Bupati Taput dua periode itu bersemangat.

Bupati pun berharap potensi-potensi unggulan di Taput akan lebih terinformasikan lagi kepada masyarakat tidak hanya di Sumut, tetapi ke seluruh Indonesia maupun ke mancanegara.

“Selain Geosite-geosite Kaldera Toba, kami juga punya objek-objek wisata menarik, hasil kerajinan, dan produk UMKM. Silahkan nanti di-eksplore, kami tentu sangat senang hati,” kata Nikson.

Secara khusus bupati berharap seluruh peserta ekspedisi pada khususnya dan seluruh anggota SMSI pada umumnya, berkenan mendukung program maupun capaian pembangunan Pemkab Taput.

“Tadi saya dengar juga ada rencana MoU kerja sama kita ya, SMSI dan pemkab tentang pendirian universitas negeri di Tapanuli Utara. Saya sangat bangga,” sebut politisi PDI Perjuangan itu.

“Dan memang itulah cita-cita saya, cita-cita kami di daerah ini memiliki sarana pendidikan tinggi negeri yang lebih holistik bagi generasi muda di wilayah tapanuli raya ini,” ujar Nikson Nababan.

Karena itulah, ujar Bupati Nikson Nababan lebih lanjut, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba diyakininya memberikan manfaat bagi masyarakat Taput. “Kami pun mengapresiasi SMSI yang telah memilih Tapanuli Utara sebagai salah satu tujuan ekspedisi di HPN 2023 ini,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana, Erris J Napitupulu, memaparkan Ekspedisi di Taput di antaranya kunjungan ke Geosite Huta Ginjang dan Geosite Sibandang di Kecamatan Muara.

“Kemudian kami juga akan mengunjungi sentra kerajinan, produk UMKM. Nanti juga kami ke Pulau Sibandang naik kapal, dan melihat kearifan lokal di sana, ada rumah kuno juga,” ujar Erris.

Erris Napitupulu menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Nikson Nababan atas dukungan ke SMSI untuk melaksanakan ekspedisi dalam rangka HPN 2023 tersebut. “Kami senang, Pak Bupati begitu antusias,” sebutnya.

Lebih lanjut Erris mengatakan, nantinya Bupati Nikson Nababan juga menerima penghargaan pers dari SMSI bersama 4 kepala daerah lainnya, termasuk Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Penghargaan itu akan diberikan pada Silaturahmi Nasional SMSI dan pelantikan Pengurus SMSI Sumut 2022-2027 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Selasa 7 Februari.

Selain ke Taput, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba berlanjut ke Samosir pada 5 Februari dan penandatangan MoU dengan BP-GKT. Lalu pada 6 Febuari ke Kota Pematangsiantar berkeliling kota mengendarai becak Siantar, lalu mengikuti silaturahmi dengan Bupati Serdang Bedagai.

Hadir pada audiensi itu, Sekretaris Panitia Benny Pasaribu dan panitia lainnya Irwan Manalu, Agus Utama, Waliono. Hadir juga Penasihat SMSI Sumut, Rony Purba, Ketua SMSI Taput, Jan Pieter Simorangkir dan Ketua SMSI Toba, Lambaik Manalu, dan jajaran pengurus lainnya. (*/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed