by

Ikuti Menkumham Cup, Bukti Keseriusan Kanwil Kalbar Geluti Kempo

Cinere, Media Kalbar

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM RI, Iwan Kurniawan, secara resmi membuka kegiatan Kejuaraan Kempo Antar Graha Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kemenkumham RI, Jum’at (15/12/2023).

Iwan yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. laoly menyampaikan, apresiasi kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) DKI Jakarta dan Pengurus Provinsi FKI DKI Jakarta yang telah menginisiasi dan menyelenggarakan kompetisi ini untuk pertama kalinya yang akan memperebutkan “MENKUMHAM CUP”.

“Semoga kegiatan ini akan menjadi event tahunan yang dilaksanakan secara rutin di Kementerian Hukum dan HAM, sebagaimana olahraga PTP untuk tenis. Saya yakin dengan dilaksanakannya kejuaraan ini akan mampu mempercepat perkembangan olahraga Kempo di Indonesia,” kata Iwan.

Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat bibit-bibit baru atlet Kempo Kementerian Hukum dan HAM, sehingga mereka terus berlatih dan meningkatkan prestasinya tidak hanya di lingkungan internal saja, melainkan juga dapat berkontribusi bahkan memenangkan event-event kejuaraan di level Nasional dan Internasional.

“Saya berharap Graha-graha Kempo Kementerian Hukum dan HAM dapat media pelatihan, khususnya ilmu beladiri yang akan menjadi bekal bagi petugas penjagaan dan pengawasan pada Lapas, Rutan, Rumah Detensi Imigrasi, serta staff di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, yang kerap kali berhadapan dengan warga binaan atau deteni dalam pelaksanaan kerjanya sehari-hari,” ujar Kepala BPSDM Hukum dan HAM sebelum mengakhiri pembacaan sambutan Menkumham.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Barat (Kalbar), Muhammad Tito Andrianto, yang didampingi Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto dan Kepala Divisi Keimigrasian Arief Munandar hadir langsung mengikuti pembukaan kegiatan di Audit Lantai 2 BPSDM Hukum dan HAM.

Tito mengatakan bahwa ini merupakan kejuaraan pertama yang diikuti Graha Kempo Kemenkumham Kalbar. Meski baru dua bulan dibentuk, Tito mengaku sangat bangga dengan semangat yang ditunjukkan para kesatria dari Kanwil Kalbar.

“Baru dua bulan dibentuk dan diresmikan Bapak Menkumham Yasonna kemarin, kita sudah berpartisipasi dalam kejuaraan. Hal ini menunjukkan keseriusan Kalbar (Kanwil Kemenkumham) untuk menekuni olahraga ini,” ucap Tito saat ditemui Humas Kumham Kalbar usai pembukaan.

Kanwil Kemenkumham Kalbar sendiri mengirimkan 16 kesatria yang didampingi Koordinator Kabid Yantah,Keshab, Lola Basan Baran, dan Keamanan Herry Suhasmin, Official Iswandi dan Marjuni Rahimi, Pelatih Siauw Rudi dan Agus Rajab. Serta turut hadir Kasub Humas RB TI Zulzaeni Mansyur, Karutan Pontianak Raja M. Ismael dan Kabapas Pontianak Akhmad Heru Setiawan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini (15 s.d 17 Des) diikuti sebanyak 76 UPT yang mengirimkan sebanyak 214 para kesatria yang berasal dari 12 Kanwil. Para kesatria akan melakukan mempertandingkan dua kategori yaitu Todoku (kata perorangan) dan Singkronik (kata beregu), yang nantinya akan akan menjadi juara umum untuk memperebutkan Trofi Menkumham Cup. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed