by

Indonesia Miliki Promotor Kelas Dunia, Dr. (H.C.) Urgyen Rinchen Sim, M.A. Diakui Di Kancah Internasional

Pontianak, Media Kalbar

Tidak banyak yang tahu bahwa di dunia tinju profesional, Indonesia memiliki seorang promotor dan penata pertandingan kelas dunia yang sudah diakui di kancah International. Dr. (H.C.) Urgyen Rinchen Sim, M.A. (Hons) (lahir di Palembang, Sumatra Selatan) adalah warga negara Indonesia keturunan Tionghoa/Tibet yang dikenal sebagai promotor dan penata tanding tinju internasional.

Dalam profesi sebagai promotor dan penata tanding tinju internasional, Dr. Sim pada awal mula bersama sahabat karibnya, Raja Sapta Oktohari, membawa Chris John menjadi Juara Super kelas bulu versi World Boxing Association serta membantu Daud Yordan menjadi petinju Indonesia pertama yang pernah merasakan gelar juara dunia di tiga kelas berbeda (kelas bulu dan kelas ringan versi International Boxing Organization dan kelas ringan super versi International Boxing Association). Dr. Sim juga berperan dalam membawa Ongen Saknosiwi (DBC TNI AU) menjadi juara dunia versi IBA, dalam kurang dari 10 pertarungan.

Sehingga dia merupakan Promotor Tinju Indonesia Pertama yang berkontribusi menghasilkan 3 (tiga) Juara Dunia Tinju untuk Indonesia. Awal tahun 2022 ini, Dr. Sim dipercaya sebagai CEO XBC Sportech, adalah merupakan sebuah perusahaan rintisan kolaborasi Indonesia dan Thailand, yang fokus pada Manajemen Atlet, Manajemen Olahraga, Sports Promotion, and Sports Technology. Dari tangan dingin nya dalam kurun 6 (enam) bulan, XBC Sportech diantaranya telah mengorbitkan 3 (tiga) orang Juara WBC Asia Continental untuk Indonesia. Hebi Marapu, Jon Jon Jet, dan Ilham Leoisa (DBC TNI AU), berhasil menjadi Juara WBC Asia berkat racikannya. XBC Sportech bukan hanya menanganin Atlet Tinju, tetapi juga Atlit di cabang olahraga lainnya, seperti : Muaythai, Kickboxing, Angkat Besi, Senam Artistic, dsb. Tidak kurang dari tangan dinginnya turut andil dengan lahirnya seorang Siti Zahra (Mawar), 2 kali Juara Nasional Angkat Besi Wanita berhasil mendapatkan 3 (tiga) Medali Emas dalam EGAT King’s Cup 2022 di Ubon Rachatani, Thailand. Prestasi fenomenal diciptakan juga, ketika XBC Sportech (bersama dengan Golden Camp Muaythai) berhasil mengirimkan Dwi Soekarno (Juara Muaythai Indonesia) bertarung ke ajang kelas dunia dalam Rajadamnern World Series (RWS) 2022 di Bangkok, Thailand. Ini adalah yang pertama kalinya Indonesia dapat berlaga dalam ajang yg sangat prestisius. Seperti diketahui RWS adalah seperti putaran final World Cup di sepakbola.

Sosok yang pernah mendapat penghargaan dari World Boxing Council Asia (ABCO) sebagai 2019 WBC Asia Far East Regional Promoter of the Year, dan juga 2018 WBC Asia Certificate Achievement Promoter. Pada awal tahun 2022 ini juga mendapatkan kepercayaan oleh WBC Asian Boxing Council (ABCO) menjadi Member Komite Regional Affairs. Dengan tangan dinginnya, Dr. Sim juga kerap dijuluki sebagai Al Haymon Asia, mengacu pada promotor dan penata tanding tinju legendaris asal Amerika Serikat, Al Haymon, yang juga menjadi idolanya. (**/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed