by

Junihardy Anjurkan Nelayan Kecil di Sambas Punya Asuransi

SAMBAS, Media Kalbar – Kepala Bidang Peberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Perikanan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan (DPPKH) Sambas, Junihardy yang sering disapa Uning Ardy mengatakan untuk Nelayan kecil di Kabupaten Sambas masih banyak yang belum terjamin keselamatannya selama bekerja, dan oleh karna itu Junihardy ingin mendorong kepada nelayan kecil agar mendapatkan perlindungan melalui asuransi keselamatan jiwa.

“Saya mendorong para nelayan kecil seperti mereka yang menangkap ikan masih dengan cara-cara tradisional ini mendapatkan perlindungan keselamatan jiwa. Hal ini sangat penting sekali mengingat banyaknya peristiwa kapal karam yang terjadi tahun ini,” katanya, Senin (27/12/2021).

Lanjutnya lagi Junihardy menjelaskan bahwa Nelayan kecil adalah faktor vital dalam sektor perikanan, menurutnya potensi di Kabupaten Sambas ini peningkatan ekonomi nelayan dan masyarakat umum yang berasal dari pekerjaan nelayan kecil sangat besar.

“Sebenarnya untuk potensi perputaran roda ekonomi dari nelayan kecil di Sambas ini sangat besar sekali, namun tidak semuanya terekspose maksimal. Untuk itu, kita ingin memberikan perhatian kepada semua aspek, termasuk tentang keselamatan nelayan kecil ini,” jelasnya

Dia menambahkan bahwa masyarakat nelayan khususnya nelayan kecil, seyogyanya menyadari pentingnya faktor keselamatan jiwa dalam bekerja. Namun tidak bisa ditepis bahwa banyak nelayan kecil yang belum sadar kan hal tersebut.

“Kita ingin menggugah kesadaran mereka, salah satu upaya kita adalah memberikan sosialisasi langsung kepada mereka di lapangan. Walau sebenarnya kita tidak bisa memaksa mereka untuk mengutamakan asuransi untuk diri mereka, setidaknya hal itu perlu kita dorong,” ujarnya
( Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed