by

Kakanwil Buka Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Dan BMN Semester II Tahun Anggaran 2022

Pontianak, Media Kalbar

Untuk menghasilkan penyusunan laporan keuangan dan barang milik negara yang akuntabel, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat (Kanwil Kemenkumham Kalbar) menggelar Rekonsilisasi Penyusunan Laporan Keuangan Dan Barang Milik Negara (BMN) Semester II Tahun Anggaran 2022, Selasa (10/1/23).

Mengambil tempat di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar, kegiatan ini dibuka Kepala Kantor Wilayah Pria Wibawa. Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti, Kepala Divisi Keimigrasian Tato Juliadin Hidayawan, Pendamping kegiatan rekonsiliasi dari Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Meidian Hariswandi dan Yudhi Arviansyah, serta seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan operator keuangan dan BMN di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar. Hadir pula pendamping Rekonsiliasi dari Biro Pengelolaan BMN, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan DIrektorat jenderal Imigrasi secara virtual.

Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa dalam sambutannya menegaskan agar kegiatan ini diikuti secara baik dan penuh keseriusan.

”Pertemuan ini jangan hanya sekedar formalitas saja, tetapi diikuti secara serius agar dapat membawa manfaat. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa seluruh anggaran pemerintah yang digunakan baik untuk operasional maupun pembelian barang harus dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Pria Wibawa.

Selain itu Ia menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk meminimalisir kesalahan penginputan data yang diperoleh melalui belanja modal serta meningkatnya kepatuhan satuan kerja terhadap regulasi pelaksanaan anggaran dalam rangka peningkatan kinerja atas Indikator Kerja Pelaksana Anggaran (IKPA).

Pria Wibawa menambahkan, untuk menghasilkan laporan keuangan yang baik maka harus meminimalisir kesalahan yaiut kesalahan penggunaan akun dan pencatatan hutang piutang. Kemudian diharapkan melalui kegiatan ini dapat tepat waktu dalam menyetorkan pengembalian sisa Uang Persediaan (UP) dan Tambahan Uang Persediaan (TUP).

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Ismanto Kurniawan selaku ketua pelaksana kegiatan dalam laporan menyampaikan rekonsilisasi ini dilaksanakan dengan melakukan review pada aplikasi sakti meliputi pencatatan pada modul komitmen, modul persediaan dan aset, modul General Ledger & Pelaporan (GLP) yang merupakan dasar atau sumber data utama dalam menyusun Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) dan Catatan Atas Laporan Barang Milik Negara (CALBMN).

Pada kesempatan ini disampaikan untuk tiga satuan kerja terbaik dalam Pengelolaan Keuangan Dan Barang Milik Negara Tahun Anggaran 2022. Terbaik pertama diraih Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIb Singkawang, terbaik kedua Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas dan terbaik ketiga dari Rumah Tahanan Negara Kelas IIb Sanggau. (**/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed