by

Kakanwil Pimpin Apel Siaga Jelang Nataru 2024 dan Deklarasi Netralitas Pemilu

KUBU RAYA,  Media Kalbar

Sebagai upaya meningkatkan pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat (Kanwil Kemenkumham Kalbar) menggelar Apel Siaga, Selasa (19/12/2023).

Bertindak sebagai Inspektur, Kakanwil Kemenkumham Kalbar Muhammad Tito Andrianto menyampaikan pentingnya menjalankan arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan untuk menghadapi Nataru 2024.

“Ada beberapa langkah yang harus diterapkan untuk menjaga situasi yang kondusif. Diantaranya memperkuat regu pengamanan dengan menambah petugas pengamanan dari unsur staf. Kemudian meningkatkan frekuensi penggeledahan rutin dan insidentil terhadap kamar/blok hunian dan lingkungan,” kata Kakanwil.

Ia menambahkan, para petugas secara rutin melakukan inspeksi terhadap pelaksanaan tugas pengamanan dan kontrol terhadap blok dan kamar hunian dalam upaya deteksi dini mengenai kemungkinan timbulnya gangguan kamtib.

“Lakukan koordinasi dengan Instansi terkait seperti Polri, TNI, Damkar dan BPBD dalam pelaksanaan peningkatan pengamanan Natal dan Tahun Baru,” ujar Tito.

Dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum Tahun 2024, dibutuhkan komitmen dari seluruh pihak dan untuk mengantisipasi ganguan keamanan dan ketertiban pada Pesta demokrasi yang sedang memasuki masa kampanye ini. Untuk itu pada kesempatan ini juga dilaksanakan Deklarasi Netralitas yang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Henowo Sugiastanto dan diikuti seluruh peserta kegiatan.

Tito menegaskan agar jajarannya mampu bersikap netral serta bebas dari pengaruh dan/atau intervensi semua golongan atau Parpol dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan.

“Saya menegaskan agar semua ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar dapat mengupayakan terciptanya iklim yang kondusif secara terus-menerus dalam menjaga netralitas,” tegasnya.

Tampak hadir Inspektur Wilayah I Ika Yusanti, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Pontianak dan Kubu Raya, serta jajaran Divi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar. (*/Amad )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed