by

Kapolda Kalbar Pimpin Upacara Peringatan HUT Satpam ke-42, Berikan Apresiasi Setinggi-tingginya

Pontianak, Media Kalbar

Kapolda Provinsi Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menjadi inspektur Upacara dalam rangka men Peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42,di lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Senin(30 Januari 2023)pagi.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kalbar mengucapkan selamat ulang tahun ke-42 kepada seluruh personel Satuan Pengamanan (Satpam)di manapun bertugas.

Semoga Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” jelasnya.

Menurutnya,Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri.Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi.Untuk itu,potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.”Ucapnya

Dikatakannya Kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban,”ujar Kapolda Kalbar.

Kapolda sangat merasakan peran rekan-rekan Satpam dalam melakukan strategi pengendalian Covid-19 khususnya penguatan protokol kesehatan di berbagai pusat aktivitas masyarakat.
Untuk itu,kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi- tingginya kepada rekan-rekan Satpam atas dukungannya selama ini.

Saat ini laju pertumbuhan Covid-19 dapat terkendali dan kita tengah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi serta mulai berfokus pada pemulihan ekonomi.

Dalam rangka mendukung tugas Polri untuk menciptakan situasi yang kondusif, Satpam dituntut untuk semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing- masing.

Jendral Bintang Dua tersebut mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholder terkait lainnya atas kerja sama yang sinergis sehingga situasi stabilitas kamtibmas dapat kondusif.

Suryanbodo berharap rekan-rekan Satpam agar terus mendukung tugas pokok Polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaimana makna perisai pada logo Satpam.

Sementara Yusnadi ketua Umum BPD ABUJAPI Provinsi Kalimantan Barat kepada sejumlah awak media dia mengatakan hari ini kebetulan kita melakaanakan Hari Ulang tahun SATPAM yang ke-42 tahun sebenarnya tepatnya hari ulang tahun SATPAM ini kita laksanakan pada tanggal 30 Desember tahun 2022.namun tahu ini kita laksanakan pada awal bulan januari ini kegiatan atau Ulang tahun SATPAM yang ke 42.

Kalau kami yang pastinya yang penting itu adalah kemulian profesi satuan pengaman apa lagi sekarangkan baru saja kemaren keluar Perpol Nomor 1 Tahun 2023, Seragam Satpam Warna Krem
terkait kitakan dapat hadiah lagi ni kago SATPAM keluar perpol mendapat seragam baru lagi.Padahal tahun 2022 kemaren kita juga sudah menggunakan seragam yang sesuai parpol tadi,”Katanya.

Harapan kita selaku di Asosiasi penyedia pengguna jasa pengamanan SATPAM kalau saya kata Yusnadi ketua Umum BPD ABUJAPI Provinsi Kalimantan Barat
maunya kaitan dengan Asosiasi kompak.komapaknya itu terbukti kita melihat proses acara ini.

Karna beberapa hari yang lalu kita agag sedikit was was si,selaku panitia jadi berkat hasil kerja keras kawan kawan sehingga terlaksananya kegiatan Hari Ulangan tahun SATPAM yang ke 42 ini.Jadi pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada rekan rekan yang sudah berbuat untuk menyukseskan Haru Ulang tahun SATPAM yan ke 42 pada hari ini.”Ucapnya.

Dia juga mengatakan untuk Jumlah SATPAM yang ada di Kalimantan Barat tercatat di data yang terahir satuan pengamanan itu kurang lebih 5.000 sedangkan kita di sini perlu saya sampaikan juga bahwa BUTP SATPAM yang terdata di kita itu kurang lebih 40 satuan pengaman SATPAM.”Terangnya.

Dengan rincian data terahir kalau tidak salah saya lihat waktu Musda kemaren itu 25 BUTP lokal dan selebihnya BUTP perwakilan tetapi dari sekian banyak SATPAM itu lebih mungkin di bandingkan dengan lokal,perwakilan mungkin lebih sedikit agak unggul lah karena banyak tender tender itu di lakukan di pusat sana bukan di sini,

Mungkin kita hanya menunggu ini di tahun 2023 infonya di Pemerintahan nya sesuai petunjuk dari Gubernur mungkin maka nanti akan masuk di Pemerintahan di kita di tahun 2023 untuk satuan pengamanan khusus di Dinas dinas jadi mungkin itu pak.”Pungkasnya

Usai kegiatan upacara peringatan hari ulang Tahun SATPAM.yang ke-42 acara tersebut lanjutkan dengan pemotongan Nasi tumpeng yang oleh Kapolda Provinsi Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed