by

Kapolres Sekadau Bersama Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak

SEKADAU, Media Kalbar

Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, melakukan peninjauan akses jalan di Dusun Lamau, Desa Perongkan, Kecamatan Sekadau Hulu, yang mengalami kerusakan parah.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolres Sekadau secara langsung memeriksa kondisi di jalan Lamau dan turut serta dalam kerja bakti bersama masyarakat setempat untuk meminimalisir kerusakan dan genangan air yang menghambat akses lalu lintas.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Sekadau telah melakukan penambalan dan perbaikan sementara untuk memastikan keamanan warga yang melintas. Namun karena kondisi cuaca musim penghujan, jalan tersebut kembali mengalami kerusakan.

“Mengingat adanya kerusakan parah pada jalan ini, dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat, terutama terganggunya aktivitas lalu lintas. Oleh karena itu, kami terlibat dalam kerja bakti ini untuk membantu memperbaiki akses jalan setidaknya agar lalu lintas berjalan lancar,” ucap Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama, di lokasi jalan rusak Dusun Lamau, pada Sabtu (13/1/2024).

Selain Kapolres, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolsek Sekadau Hulu, IPDA Jessi Sianturi, serta anggota Polsek Sekadau Hulu, KBO Sat Samapta Polres Sekadau, Aipda Hendra Suhendar bersama anggota, Kades Perongkan Alianto, dan masyarakat setempat.

Pihak kepolisian bersama masyarakat bekerjasama bahu membahu menggunakan cangkul membersihkan saluran air yang tersumbat di sekitar Jalan Lamau agar aliran air kembali lancar sehingga air tidak menggenangi jalan ketika hujan dan meminimalisir adanya laka lantas yang diakibatkan kondisi jalan.

Kapolres juga mengimbau masyarakat agar menjaga saluran air dan membuat selokan di beberapa ruas jalan di Sekadau Hulu supaya air tidak menggenangi jalan, serta menanam pohon di sepanjang jalan untuk mencegah tanah longsor. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Himbauan juga kepada pelaku usaha agar mematuhi ketentuan dimensi serta daya muat kendaraan sehingga sesuai dengan kondisi jalan. Menjaga jalan adalah tanggung jawab bersama, sedikit lubang kita tambal bersama, serta tidak membuang sampah di selokan yang dapat menyumbat saluran air supaya air tidak meluap ke jalan,” imbau Kapolres Sekadau.

Kepala Desa Perongkan, Alianto, mengapresiasi kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh Kapolres Sekadau beserta jajarannya. Kades serta masyarakat sangat berterima kasih atas kehadiran dan kerja sama yang diberikan oleh Polres Sekadau dan Polsek Sekadau Hulu.

Kegiatan selesai pada pukul 12.30 WIB. Dalam konteks yang lebih luas, kegiatan ini merupakan bagian dari monitoring dan peninjauan kondisi jalan Lamau yang rusak oleh pihak Kepolisian.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan upaya Polres Sekadau untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat. Kegiatan ini juga mencerminkan kemitraan antara Polri dengan masyarakat dalam rangka membangun kebersamaan dan saling mendukung. (*/dbs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed